Mohon tunggu...
Tachasna Auranissa
Tachasna Auranissa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Membaiknya Pandemi Covid-19, Universitas Diponegoro Kembali Terjunkan Mahasiswa KKN

11 Agustus 2022   09:30 Diperbarui: 2 September 2022   20:04 50 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kuliah Kerja Nyata (KKN) tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga para pembaca. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa setelah beberapa semester menimba ilmu di perguruan tinggi. Mulai tanggal 5 Juli 2022, Universitas Diponegoro telah menerjunkan mahasiswa Tim II KKN untuk melakukan kegiatan di sejumlah kelurahan di 44 Kota dan 103 Kabupaten di seluruh Indonesia. Pada tahun ini, KKN Universitas Diponegoro mengangkat tema KKN Pulang Kampung yang dilaksanakan selama 45 hari.Mahasiswa Tim II KKN Undip 2021/2022 dibagi menjadi beberapa kelompok, yang mana tiap kelompoknya membawakan program multidisiplin yang bertemakan Pencegahan Stunting dan Narkoba. Selain itu, setiap individu juga diwajibkan untuk melaksanakan 2 program monodisiplin yang mendukung Sustainable Development Goals (SDGs). Sebelum melaksanakan keempat program tersebut, para mahasiswa melakukan survei lokasi untuk mengetahui kondisi di lapangan.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Penulis, Tachasna Auranissa, merupakan mahasiswi kedokteran semester 6 yang diterjunkan di Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan. Pada awal kegiatan KKN, penulis bersama dengan rekan sekelompok melakukan perizinan untuk melaksanakan kegiatan di wilayah Randusari, khususnya RW 01 dan RW 05. Perizinan dilakukan dengan berkunjung ke kediaman ketua RW dan ketua Forum Kesehatan Kelurahan. Selain itu, penulis juga ikut membantu pelaksanaan kegiatan monodisiplin dari rekan sekelompok yang diawali dengan melakukan prizinan ke SD Al-Khotimah di wilayah RW 01 Kelurahan Randusari.

Kelompok Mahasiswa Tim II KKN Undip Kelurahan Randusari telah melaksanakan program multidisiplin pertamanya pada 12 Juli 2022 yaitu Sosialisasi Anti Narkoba di SMP/SMK Kristen Gergaji. Setelah itu, para mahasiswa melakukan kegiatan multidisiplin kedua pada tanggal 14 Juli 2022 yaitu Edukasi Pencegahan Stunting pada Kelas Ibu Hamil Kelurahan Randusari. Kegiatan. Penulis juga telah melaksanakan kegiatan monodisiplinnya antara lain Edukasi Kontrasepsi dan Keluarga Berencana pada pertemuan PKK RT 01 RW 01 Kelurahan Randusari dan Edukasi Imunisasi melalui pemberian booklet materi pada pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di RW 01 dan RW 05 Kelurahan Randusari.

Diluar program kerja tersebut, mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro di Kelurahan Randusari juga berbagai kegiatan di wilayah setempat seperti kerja bakti, Pemantauan Jentik Nyamuk (PJN), kegiatan kampung KB, dan lain sebagainya. KKN ini diharapkan dapat memberikan pengalaman pada mahasiswa serta masyarakat untuk kemajuan wilayah setempat.

KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021/2022
Penulis: Tachasna Auranissa Wulandari (22010119130100)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan