Mohon tunggu...
Tabrani Yunis
Tabrani Yunis Mohon Tunggu... Tabrani Yunis adalah Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh, juga sebagai Chief editor majalah POTRET, majalah Anak Cerdas. Gemar menulis dan memfasilitasi berbagai training bagi kaum perempuan.

Tabrani Yunis adalah Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh, juga sebagai Chief editor majalah POTRET, majalah Anak Cerdas. Gemar menulis dan memfasilitasi berbagai training bagi kaum perempuan.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Berbagi di Masa Pensiun

23 November 2019   00:35 Diperbarui: 23 November 2019   00:39 60 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbagi di Masa Pensiun
Dok.Pribadi

Oleh Tabrani Yunis 

Melanjutkan tulisan bagian pertama yang sudah diposting sebelumnya di laman Kompasiana.com edisi 19 November 2019. Pada bagian pertama tulisan itu, mengangkat judul " Agar Masa Pensiun Tidak Galau". Sebuah tulisan singkat yang menggambarkan tentang perasaan atau apa yang dirasakan oleh sebagian orang sedang menghadapi masa pension. 

Masa pension yang bagi sebagian orang adalah masa yang dinanti-nantikan, karena bisa menikmati hidup dengan tidak melakukan aktivitas rutin di kantor dan bisa menikmati hidup dengan dan beserta anak-anak dan cucu di rumah. 

Artinya, bisa dikatakan menghabiskan  waktu pension itu sebagai waktu menikmati masa pension dengan mendekatkan diri ke rumah ibadah, seperti halnya dekat dengan masjid. 

Nah, pada bagian akhir dari tulisan tersebut disebutkan bahwa agar tidak galau di masa tua, karena pension, banyak orang yang mengambil atau memerankan diri dalam berbagai peran yang mereka bisa bawa atau lakukan. Benar sekali. Begitu banyak sebenarnya bisa dilakukan oleh mereka yang kini sedang menuju masa pension. 

Oleh sebab itu, para pensiunan bisa mengambil peran strategis untuk tetap menjaga produktivitas yang pernah digandungi di masa muda atau pada masa-masa menjelang pension. Mereka sebenarnya masih bisa tetap produktif dengan memanfaatkan ilmu pengertahuan yang banyak, pengalaman-pengalaman yang telah dijadikan guru selama ini, juga sikap perilaku positif yang dimiliki menjadi modal yang sangat besar untuk digunakan atau dimanfaatkan secara produktif di masa tua atau di masa pension tersebut. 

Ini penting, karena masa pension, sesungguhnya adalah masa yang menyenangkan untuk menikmati hari tua, juga sebaliknya menjadi masa untuk tetap bekerja dan produktif, walau sudah pension. 

Karena masa pension bukanlah masa matinya atau terhentinya kemampuan dan sikap produktif. Jadi, juga  bukan masa istirahat panjang, tetapi masa untuk membuktikan bahwa usia tua adalah masa yang bisa dijalankan dengan sangat produktif. 

Tentu dengan modal pengetahuan, ketrampilan, pengalaman yang panjang serta karakter atau perilaku positif yang dimiliki tersebut, para pensiunan bisa melakukan aktivitas berbagi kepada para generasi muda, sebagai generasi penerus bangsa ini. 

Barangkali akan banyak yang bertanya, apa yang bisa dilakukan oleh para pesiunan tersebut? Jawabannya ada banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah berbagi pengetahuan, ketrampilan, pengalaman  dan sikap atau perilaku positif yang dimiliki. 

Seorang pensiunan yang memiliki kapasitas seperti disebut di atas, bisa membantu generasi muda dengan mengajak para generasi muda, dalam hal ini para generasi milenial untuk membuat kegiatan atau aktivitas belajat bersama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x