Mohon tunggu...
Hanifatuz Zahro
Hanifatuz Zahro Mohon Tunggu... Mahasiswa PAI A7 IAIN Jember

Jadikan kegagalan sebagai pembelajaran dan perbaiki langkah selanjutnya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Guru adalah Manajer di Dunia Pendidikan

24 Maret 2020   17:21 Diperbarui: 10 April 2020   21:43 73 15 4 Mohon Tunggu...

Salah satu tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu sumber daya manusia, kemudian upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia tersebut adalah pendidikan. Dalam UU No. 20 Tahun 2003 mengenai tujuan pendidikan bahwa tujuan pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengembangan diri, kepribadian, kecerdasar, akhlak mulia yang dapat bermanfaat untuk diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.

Dalam hal ini sekolah sebagai lembaga penyelenggara pendidikan formal ssngatlah penting dan berperan dalam memajukan sumber daya manusia yang di dalamnya terdapat kegiatan proses belajar mengajar yang teratur dan terencana. Agar kegiatan proses belajar mengajar yang efisien maka harus ada seoramg pemimpin yang mengatur dan mengelola proses tersebut. Seorang pemimpin tersebut ialah seorang "Guru". 

Di dalam dunia pendidikan guru sebagai pemimpin(manajer) yang memberikan materi pelajaran dan sekaligus sebagai pendidik untuk mencetak generasi yang cerdas dan berakhlak mulia. Jadi jelas bahwa pemimpin mempunyai tugas sebagai manajer agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. Tercapainya program pendidikan dan tujuan pendidikan sangat tergantung kepada peran guru sebagau pemimpin pembelajaran di kelas. 

Oleh karena itu peranan guru sangatlah penting untuk kemajuan sekolah. Guru harus berperan aktif dalam menjalankan tugasnya terutama dalam kegiatan proses belajar mengajar di dalam kelas, selain itu murid juga berperan dalam proses belajar mengajar tersebut. Karenanya guru dan murid merupakan dua sosok yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia pendidikan. Jika sebaliknya maka proses pembelajaran tidak akan berjalan dengam baik.

Di dalam kegiatan belajar mengajar peranan guru sangat penting dan mendukung di dalam dunia pendidikan, sebab guru adalah motor penggerak bagi muridnya. Untuk itu guru harus mampu mengatur muridnya dalam mengembangkan metode mengajar dan memberikan sebuah motivasi dalam hal pelaksanaan tugas sekolah. Dengan demikian peranan guru sebagai manajer amatlah penting di dalam dunia pendidikan.

VIDEO PILIHAN