Mohon tunggu...
Syifa NurAbyad
Syifa NurAbyad Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

NIM: 2005296 Prodi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Kegiatan Magang Paket Lengkap di PT Soka Cipta Niaga Bagi Mahasiswa Ekonomi Syariah

29 Mei 2023   18:56 Diperbarui: 29 Mei 2023   19:02 237
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia sedang berfokus dalam menjadikan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia yang ditargetkan pada tahun 2024. Dalam pengoptimalannya, pemerintah Indonesia melakukan beberapa langkah strategis dengan meningkatkan daya saing, sertifikasi, koordinasi, publikasi, dan kerjasama untuk meningkatkan aspek industri halal yaitu industri pariwisata halal, industri makanan halal, industri mode halal, dan industri keuangan halal. 

Keempat aspek industri halal ini menjadi perhatian juga bagi masyarakat Indonesia, hingga akhirnya menjadi sebuah gaya hidup baru dengan nama Halal Lifestyle. Halal lifestyle menurut Muslim Judicial Halaal Trust (MJCHT) merupakan "tingkah laku seseorang yang dilakukan sesuai dengan kemampuannya secara benar, jujur, berintegritas, bermartabat, berkeadilan dan tidak menyimpang dari ajaran Islam".

Meskipun minat beli masyarakat Indonesia pada produk-produk halal cukup tinggi tadi, tetapi masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi masyarakat Indonesia yaitu peluang bisnis industri halal belum disadari banyak pihak maupun regulator; terbatasnya suplai bahan baku yang memenuhi kriteria halal; masih terbatasnya pemahaman sejumlah produsen yang disertai dengan belum memadainya infrastruktur; perbedaan standarisasi dan sertifikasi produk halal; dan banyaknya produk impor yang masuk ke Indonesia.

Dengan adanya peminatan dan kendala yang dihadapi masyarakat Indonesia pada penggunaan dan perdagangan produk-produk halal, maka perusahaan-perusahaan menjadi tertarik untuk memenuhi kebutuhan halal lifestyle tersebut dengan menciptakan ekosistem yang mampu mengembangkan keempat aspek industri halal tersebut melalui optimalisasi kinerja manajemen rantai nilai halal dengan menjadi agen-agen promosi produk syariah di dunia digital, salah satu perusahaan tersebut adalah Soka Cipta Niaga. 

Soka Cipta Niaga dengan berbagai produk yang ditawarkannya mampu menjadi pelopor kaos kaki halal pertama di Indonesia. Semua ini tak lepas dari harapan yang dituangkan para pioneer perusahaan ini yang dituangkan kedalam visi, misi, core value, dan kemampuan ketahanan bisnis ini hingga saat ini.

Soka Cipta Niaga adalah Perusahaan manufacture yang bergerak di bidang produksi, distribusi, dan perdagangan Industri Halal, seperti Halal Fashion, Halal Food, dan Halal Tourism yang didistribusikan secara ofine maupun online di pasar Nasional maupun Internasional.

Visi PT. Soka Cipta Niaga adalah "Menghasilkan Produk Halal dan Baik Untuk Menciptakan Kebahagiaan dan Ketenangan Hati". Misi PT. Soka Cipta Niaga adalah

  • Membuat dan mendistribusikan produk berkualitas dan halal.
  • Membangun sumber daya manusia yang profesional.
  • Melakukan inovasi setiap saat dan memanfaatkan teknologi.
  • Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan.
  • Memberikan keuntungan yang maksimal bagi stakeholder.
  • Senantiasa memberikan manfaat dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungan.

Core Value PT. Soka Cipta Niaga adalah HALAL, dimana: H (Harmonis) berarti sinergi antar stakeholder, A (Amanah) berarti memegang teguh kepercayaan, L (Loyal) berarti patuh terhadap komitmen, A (Adaptif) berarti menyesuaikan dengan perubahan, dan L (Lestari) berarti tetap eksis selamanya. 

Melalui tujuan, visi misi, dan core value yang dimiliki PT. Soka Cipta Niaga, hingga saat ini perushaaan ini berhasil menjual dan berbagai produk pelengkap mode masyarakat, yaitu kaos kaki soka basic, kaos kaki soka wudhu, kaos kaki soka jempol, kaos kaki soka motif, masker airflow polos dan motif, handsocks, inner headsocks, kerudung (bergo dan gradasi warna), dan noble share.

Di perusahaan Soka Cipta Niaga, penulis mendapatkan banyak pengalaman menjadi content creator, mendalami business plan dan business development pada bidang industri halal, belajar mengenai sertifikasi halal, dan masih banyak lagi.

Dengan kemampuan bisnis dan pandangan yang dimiliki perusahaan ini, menjadikan para pemagang di perusahaan ini, dapat banyak belajar mengenai bisnis, industri halal, dan tetap mampu memperdalam kemampuan yang ingin ditingkatkan oleh pemagang. Dengan ekosistem magang yang nyaman pula, melakukan magang di perusahaan ini dapat menjadi salah satu rekomendasi perusahaan untuk kalian melakukan magang. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun