Mohon tunggu...
Syifa Aprilia
Syifa Aprilia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Ilmu Komunikasi '21 Universitas Lambung Mangkurat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menjaga Keutuhan NKRI dengan Pancasila

24 Oktober 2021   15:16 Diperbarui: 24 Oktober 2021   15:18 98 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber foto: www.republika.co.id

Menurut saya keutuhan NKRI adalah suatu hal yang perlu dipertahankan karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang mana memiliki suku, ras, dan agama yang berbeda sehingga banyak sekali perbedaan didalamnya. Oleh sebab itulah Pancasila sangat dibutuhkan sebagai pemersatu bangsa yang diharapkan dapat dijadikan pemersatu bangsa yang akan membuat utuhnya NKRI tetap terjaga.

Keutuhan NKRI juga dipengaruhi oleh sikap masyarakat didalamnya, pengimplementasian Pancasila haruslah didukung oleh masyarakat yang tertib, karena apabila kesadaran masyarakat kurang didalamnya maka nilai-nilai Pancasila yang sudah ada tidak akan terlaksana dengan baik. Oleh sebab itu, penting dari kita menyadari dan lebih menghayati isi dari Pancasila.

Pancasila merupakan dasar negara paling lengkap karena segala unsur kehidupan ada didalamnya. Mulai dari unsur ketuhanan hingga unsur kemasyarakatan semua diatur didalam Pancasila. Hanya Indonesia yang memiliki dasar negara yang bisa dijadikan sebagai pedoman hidup bermasyarakat. Di era globalisasi dimana berbagai macam hal masuk secara bebas ke dalam kehidupan rentan sekali terjadinya perpecahan didalam negeri ini.

Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa hendaknya dihayati dengan sungguh-sungguh agar tidak mudah terpengaruh oleh arus globalisasi yang bersifat negatif, namun jangan menutup diri seutuhnya karena kita sebagai manusia harus bepikiran maju tetapi tetap berpegang teguh terhadap Pancasila.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan