Mohon tunggu...
Syifaa Fadiyah
Syifaa Fadiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bisa dipanggil sipa

Haiiii salam kenal semua !!!!!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menjadi Mahasiswa Bermanfaat di Era New Normal

21 Oktober 2021   21:16 Diperbarui: 21 Oktober 2021   21:50 43 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

(Syifaa Fadiyah_Sektor Rapeto_2004552)

Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2(SARS-CoV-2). Virus ini dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, dari gejala yang ringan seperti flu, sampai infesi paru-paru seperti pneumonia, bahkan dari virus Covid-19 ini juga sudah memakan banyak korban meninggal.

Virus ini pertama kali terjadi di kota Wuhan, China, pada akhir bulan Desember 2019. Setelah itu, virus Covid-19 menular dengan sangat cepat ke puluhan negara termasuk Indonesia. 

Akibat tersebar nya virus Covid-19 ke Indonesia menyebabkan pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dimana kebijakan ini membuat masyarakat tidak bisa menjalani kehidupan normal seperti biasanya. 

Contoh nya seperti sekolah di rumah, kerja di rumah, tidak diperbolehkan keluar negeri bahkan keluar kota. Efek dari virus ini juga sangat jelas, perusahaan banyak yang gulung tingkar membuat banyaknya karyawan di PHK, orang-orang terdekat meninggal karena terpapar virus Covid-19, sulitnya bertemu teman atau saudara jauh dan masih banyak lagi.

Di Era New Normal sudah ditemukan vaksin bahkan angka kematian dan angka orang yang terpapar virus juga sudah mulai menurun, maka dari itu diadakan nya lah Era New Normal. 

Era new normal adalah perubahan prilaku atau kebiasaan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari dengan selalu melaksanakan protokol kesehatan di tengah pandemic Covid-19. 

Protokol yang dimaksud adalah menjaga jarak, memakai masker, memakai handsanitizer, rajin mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. 

Hal itu dilaksanakan agar mengurangi angka kenaikan Covid-19. Dari kegiatan protokol tersebut masih banyak masyarakat yang belum menerapkannya terutama di desa-desa terpencil, dikarenakan tidak ada yang memberikan edukasi tentang bahaya nya Covid-19. Masyarakat hanya mengira bahwa virus Covid-19 ini hanyalah virus ringan atau hanya sekedar virus flu saja.

Tentunya di Era New Normal mahasiswa sangat berperan penting untuk terlibat di dalam masyarakat, mahasiswa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah orang yang belajar di perguruan tinggi. 

Di era ini mahasiswa bisa memberikan edukasi ke masyarakat tentang Covid-19 terutama di bagian protocol dan vaksin. Mahasiswa bisa membuat masyarakat sadar betapa pentingnya menerapkan protocol dan mahasiswa bisa meyakinkan bahwa suntik vaksin itu tidak berbahaya melainkan untuk kesehatan mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan