Mohon tunggu...
Syifa Amandha
Syifa Amandha Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Nama saya Syifa Amandha. Saya merupakan mahasiswa jurusan kimia program studi pendidikan kimia Universitas Negeri Surabaya angkatan 2019 yang sekarang menempuh semester 6.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peningkatan Literasi dan Numerasi Anak pada Kelurahan Lidah Wetan, Mahasiswa KKN-T Surabaya-11 Unesa Sampaikan Hasil Diseminasi Hasil Programnya

18 Juni 2022   18:27 Diperbarui: 18 Juni 2022   18:28 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelurahan Lidah Wetan, Kecamatan Lidah Wetan, Surabaya, Rabu (16/06/2022) – Mahasiswa Kelompok KKN-T Surabaya 11 menyelenggarakan penutupan acara sekaligus  menyampaikan diseminasi hasil program KKN-T selama 4 bulan. Acara tersebut dihadiri oleh  Lurah Lidah Wetan, Kepala Sekolah TK Islam Asfiyah, Guru TK Islam Asfiyah, dan Dosen  Pembimbing Lapangan. 

Kelompok KKN-T Surabaya 11 sebelumnya telah melakukan survei lokasi, observasi  atau analisis situasi dan masalah pada 23 Februari 2022. Kemudian didapatkan hasil bahwa  literasi dan numerasi anak masih rendah, bahkan ada yang belum bisa membaca. Padahal  membaca sangat penting dalam memperoleh informasi. Selain itu, kecakapan literasi juga  sangat berkaitan dengan kapasitas sumber daya manusia demi kehidupan yang berkualitas. 

Mengacu pada hasil survei tahun 2019 yang dilakukan Program for International  Student Assessment (PISA) yang dirilis oleh Organization for Economic Co-operation and  Development (OECD) bahwa tingkat literasi dan numerasi masyarakat Indonesia tergolong  sangat rendah atau berada di 10 negara terbawah.  

Berangkat dari permasalahan tersebut, mahasiswa KKN-T Surabaya 11 mengangkat  tema Asistensi Mengajar, program mengajar di TK Islam Asfiyah menjadi program utama  mahasiswa Kelompok KKN-T Surabaya 11 dalam meningkatkan literasi dan numerasi pada  anak. “Dalam program ini, kami membantu mendampingi tenaga pendidik pada kegiatan  belajar mengajar KB, TK A, dan TK B seperti belajar membaca, menulis, berhitung, mengenal  benda-benda dan warnanya dalam Bahasa Indonesia dan Inggris, belajar menulis huruf hijaiyah  dan angka dalam Bahasa Arab, membedakan perilaku terpuji dan tercela, praktik wudhu dan  sholat. Selain itu, ada ekstra kreativitas, seperti belajar menarik kesimpulan dan hikmah dari  sebuah cerita, melatihkan keterampilan motorik dengan menggunakan media pasir yang  dicetak, meronce, meniup balon, dsb. Tidak hanya itu, kami juga membantu mengajari tenaga  pendidik dalam membuat perangkat pembelajaran berupa lembar kerja dengan menyesuaikan  tema materi”, kata Kevin selaku ketua kelompok. 

“Berdasarkan hasil observasi, dengan diberikan lembar kerja literasi numerasi sebagai  penunjang pembelajaran, kemampuan literasi dan numerasi peserta didik semakin meningkat”,  kata Adella salah satu mahasiswa. Para guru dan peserta didik merespons dengan baik “Kami  senang sekali dan merasa terbantu dengan adanya mahasiswa KKN-T disini dan peserta didik  juga lebih semangat, rajin, serta percaya diri selama proses pembelajaran”, kata para guru.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun