Mohon tunggu...
Syarifah
Syarifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Santri Mahasiswa

Santri Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang Pendidikan Agama Islam STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Diary

Kebahagiaan Liburan serta Peringatan Maulid Nabi

11 Desember 2021   00:07 Diperbarui: 11 Desember 2021   00:36 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Tulisan ini adalah salah satu hasil karya peserta program Santri Berprestasi yang diadakan dalam rangkaian kegiatan PKM di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Banjarejo, dan publikasinya merupakan apresiasi pembimbing terhadap upaya santri untuk mengikuti program tersebut.

Kebahagiaan Liburan serta Peringatan Maulid Nabi

Karya: Sila

            Momen yang ditunggu akhirnya tiba, di mana semua santri libur maulid selama 8 hari. Pada hari yang sudah ditentukan, kami pulang ke rumah masing-masing. Aku pulang ke rumah dengan perasaan senang dan gembira, di rumah aku melakukan aktivitas seperti membantu ibuku memasak, menyapu dan lain-lain. Bukan hanya itu, aku juga membantu Ibuku untuk mempersiapkan makanan yang akan dibawa ke musholla sebagai peringatan acara maulid Nabi saw.

            Saat semua siap, aku dan keluargaku bergegas untuk pergi ke musholla merayakan acara maulid tersebut. Di sana kami makan bersama dan bertukar buah-buahan, aku juga merasakan kebersamaan bersama orang-orang sekitar. Empat hari setelah liburan di rumah, aku pun kembali ke pondok meskipun belum waktunya untuk kembali. Mengingat akan haul Nyai Hindun yang ke-2 tahun. Saya dan beberapa santri Emyu disuruh untuk membantu keluarga ndalem. Setelah selesai, saya izin pulang karena di rumah akan mengadakan maulid secara besar-besaran.

            Acara ini berlangsung dengan khidmat yang dihadiri oleh personil al-Busyro diawali dengan shalawat dan dilanjut mauidhah hasanah oleh KH. Abdul Qodir. Kegiatan ini juga mengundang warga untuk ikut merayakan maulid Nabi saw. Terakhir, acara ini ditutup dengan doa bersama. Setelah semua selesai aku membantu ibuku untuk bersih-bersih rumah setelah kegiatan tersebur. Lalu, keesokan harinya aku bersiap-siap untuk kembali ke pondok pesantren.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun