Mohon tunggu...
Syarif Hidayatulloh Wazir P
Syarif Hidayatulloh Wazir P Mohon Tunggu... Mahasiswa UHAMKA, Fakultas Teknik Prodi Teknik Informatika

Mahasiswa UHAMKA, Fakultas Teknik Prodi Teknik Informatika

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

4 Konsep Sistem Informasi Berbasis Internet

26 Januari 2021   20:05 Diperbarui: 28 Januari 2021   19:58 139 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Konsep Sistem Informasi Berbasis Internet
wallpaperflare-com-wallpaper-6012b4c0d541df188f4b4b93.jpg

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hallo teman -- teman semuanya,

Yang sudah kita ketahui, bahwa kemajuan teknologi didunia hingga saat ini berkembang sangat pesat, sekarang dimana -- mana semua orang sudah menggunakan handphone. Dalam kemajuan teknologi ini membuat semua nya serba online. Seperti ojek online, pesan makanan melewati online, belanja online, belajar online dan lain -- lainnya. Itu semua tidak terlepas dari yang namanya Internet. Jadi dalam artikel ini saya akan membahas tentang 4 Konsep Sistem Informasi Berbasis Internet. yaitu :

Pertama, Konsep E-business, merupakan aplikasi kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semi otomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik yang menggunakan media computer dan jaringan internet. Dan dalam penggunaan sehari - hari e-business juga menggunakan data elekronik. Ada beberapa keuntungan dari e-business, yaitu :

  • Revenue Stream (aliran pendapatan),
  • Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar),
  • Menurunkan biaya operasional (operafing cost),
  • Melebarkan jangkauan (global reach),
  • Meningkatkan customer loyality,
  • Meningkatkan supplier management,
  • Memperpendek waktu produksi, dan
  • Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).

Itu merupakan keuntungan dari e-business. Dan ini contoh dari aplikasi e-business yang sering digunakan, seperti : Surat elektronik atau yang disebut e-mail, Surat bersuara atau yang disebut voice mail, Forum diskusi : KapanLagi.com atau KASKUS.com, konferensi video atau yang disebut video conference.

Kedua, Konsep E-commerce, merupakan aplikasi perdagangan elektronik, yang dimana semua kegiatan perdagangan melalui sistem elektronik, seperti : internet, stasiun televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce merupakan sebagai aplikasi dan penerapan dari e-business, yang dimana dapat meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan pelangggannya. Dari penggunaan teknologi informasi ini dapat menghasilkan beberapa bentu baru, yaitu :

  • B2B (Business to Business), adalah kegiatan transaksi perdagangan, seperti : antara produsen dan grosir, atau antara grosir dan pengecer.
  • B2C (Business to Customer), adalah kegiatan transaksi perdagangan yang pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa.
  • C2C (Customerto Customer), merupakan salah satu model e-commerce yang dimana dalam hal ini, konsumen menjual secara langsung pada konsumen yang lain, atau dapat dapat juga dikatakatan sebagai transaksi jual-beli antar konsumen.
  • C2B (Customer to Business), adalah sebuah model bisnis yang dimana, sebuah konsumen menciptakan sebuah ide berguna dan perusahaan menggunakan ide itu.

Ketiga, Konsep E-education, yang sering diartikan sebagai konsep pendidikan dengan menggunakan internet. Dimana sekarang peran teknologi dan informasi di era ini sangat penting bagi pendidikan (E-education), apalagi disaat ada pandemic covid-19 menjadi seluruh kegiatan dari rumah atau yang sering disebut Work From Home (WFH), terutama bagi para pelajar dan mahasiswa belajar menggunakan sistem online. Pemebelajar sistem online ini ada dampak posistif dan negatifnya. Peran e-education sangat memberikan kontribusi positif, tetapi diIndonesia untuk menerapkan e-education sangat susah. Penyebab utama dari susah nya e-education di Indonesia adalah kurangnya ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM), serta sejumlah kendala krusial lainnya. Konsep e-education belajar nya menggunakan media computer dan jaringan internet. Dalam e-education sistem pembelajarannya menggunkan e-learning, yang dimana peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu harus datang ke sekolahan bertemu dengan guru dan e-learning juga dapat menghemat waktu dan menghemat biaya. Dan e-learning juga mempunyai 3 fungsi, yaitu :

  • Suplemen,
  • Komplemen, dan
  • Substitusi.

Itu merupakan fungsi dari e-learning. Dan ini contoh dari aplikasi e-education, yaitu : Silabus berbasis web, E-mail, Ujian berbasis computer. Dan e-education ini, siswa diminta untuk belajar sendiri dari materi yang telah diberikan dan siswa juga harus aktif dalam berdiskusi agar menjadikan pola pikir siswa lebih kritis.

Keempat, Konsep e-government, merupakan penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan baik masyarakat dengan pemerintah. Dimana sekarang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi didunia semakin bertambah. tidak hanya pada perdagangan saja, melainkan juga bnyak dalam bidang-bidang lainnya. Contohnya Information and Communication Technologi atau yang sering disebut dengan ICT. ICT memiliki kelebihan, yatiu : Dalam hal kecepatan, kemudahan dan biaya yang lebih murah. Oleh sebab itu, ICT banyak digunakan dalam berbagai kehidupan manusia, dan dengan keuntungan yang dimiliki oleh teknologi ICT, maka mulai diterapkan dalam pemerintahan. Bagi pemerintah adanya e-government computer menjadi sangat penting, karena membantu pemerintah dalam melakukan sosialisasi berbagai kebijakan, melakukan pemberdayaan masyarakat, termasuk kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan pelaku bisnis, memperkenalkan potensi wilayah & parawisata, dan lain sebagainya. Tujuan diterapkannya e-government dalam pemerintahan adalah membuat pemerintah memiliki hubungan baik dengan masyarakat maupun dengan pelaku bisnis. Agar dapat berjalan secara efisien, efektif dan ekonomis. Yang diharapkan oleh pemerintah dari penerapan e-government adalah restrukturisasi sistem pemerintahan yang sudah ada agar hasil yang dicapai dengan maksimal. Dalam menerapkan konsep e-government pemerintah harus berpikir secara matang agar berhasil, apabila tidak dipikirkan secara matang akan membuang -- buang dana negara begitu saja tanpa mendapatkan hasil yang baik.

Referensi :

Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta : CV Andi Offset.

VIDEO PILIHAN