Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis - Dosen

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Konsultan di DSS Consulting sekaligus Edukator Dana Pensiun. Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak. Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Wakil Ketua IKA FBS UNJ (2017-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis dan Editor dari 31 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN; Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis" sudah dicetak ulang. Sebagai Pendiri dan Kepala Program Taman Bcaaan Lentera Pustaka di Kaki Gn. Salak Bogor. Education Specialist GEMA DIDAKTIKA dan Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Unjuk Kreasi YPI Al Azhar Gelar Lomba Teater Monolog se-Indonesia

2 April 2021   11:19 Diperbarui: 2 April 2021   11:28 111 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Unjuk Kreasi YPI Al Azhar Gelar Lomba Teater Monolog se-Indonesia
Sumber: YPI Al Azhar

Bertajuk "Melejitkan Bakat dan Prestasi Siswa pada Masa Pandemi", YPI Al Azhar menggelar Festival Seni Budaya dan Unjuk Kreasi (UKA) ke-13 SD-SMP-SMA Islam Al Azhar se-Indonesia hari ini (2/04/2021). Mempertandingkan 15 mata lomba, UKA 2021 ini bertujuan untuk mewadahi segala potensi bakat dan pengayaan wawasan ratusan siswa YPI Al Azhar di seluruh Indonesia.

"Unjul Kreasi Al Azhar 2021 ini digelar untuk memberi panggung bagi potensi dan kreasi siswa Al Azhar se-Indonesia. Sekalipun di tengah pandemi, YPI Al Azhar terus bergerak untuk mengukir prestasi" ujar Drs. Nuri Muhammadi, Direktorat Dikdasmen YPI Al Azhar di Jakarta har ini.

Salah satu lomba di UKA 2021 adalah Teater Monolog siswa SMA se-Indonesia. Menariknya, sekitar 20 siswa peserta pentas secara daring dengan latar dan keaktorannya. Bertindak sebagai dewan juri yaitu Syarifudin Yunus, M.Pd (Dosen Pendidikan Bahasa Unindra), Ilham Bahrul Ulum (Pegiat Literasi), M. Kholis (Pegiat Sastra) dengan koordinator Faizin (Kepsek SMA Al Azhar Tambun) untuk menentukan pemenang.

Melalui UKA tahun 2021, YPI AL Azhar berkomitmen untuk melanjutkan prestasi belajar siswa di masa pandemi Covid-19, di samping pentingnya mewujudkan generasi muda yang literat di Indonesia. Tentu, dengan dukungan akhlak dan semangat berkreasi. Apalagi di tengah gempuran era digital dan teknologi informasi yang "tanpa batas", kreativitas menjadi penting untuk diekspresikan.

"Unjuk kreasi siswa YPI Al Azhar ini jadi bukti kuatnya tradisi kreatif dan berprestasi yang ada pada siswa. Penampilan siswanya luar biasa. Patut diapresiasi dan jadi cobtoh sekolah lain" ujar Syarifudin Yunus, Ketua Dewan Juri Lomba Teater Monolog di sela acara.

Setidaknya, 1.500-an siswa dari 61 sekolah Al Azhar se-Indonesia ikut serta, termasuk ratusan guru terlibat dalam ajang unjuk kreasi tahunan ini. UKA ini sekaligus menjadi praktik baik dalam mewujudkan generasi literat, generasi yang sadar membaca dan  menulis serta menghargai seni budaya sebagai jati diri.

Sekalipun pandi, sekolah pun mampu memberi ruang kreativitas siswa untuk tetap berkembang sesuai bakat dma potensinya. #UKAAlAzhar2021 #BudayaLiterasi #YPIAlAzhar

Sumber: YPI Al Azhar
Sumber: YPI Al Azhar

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x