Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis - Dosen

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Konsultan di DSS Consulting sekaligus Edukator Dana Pensiun. Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak. Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Wakil Ketua IKA FBS UNJ (2017-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis dan Editor dari 31 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN; Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis" sudah dicetak ulang. Sebagai Pendiri dan Kepala Program Taman Bcaaan Lentera Pustaka di Kaki Gn. Salak Bogor. Education Specialist GEMA DIDAKTIKA dan Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

ADRI Jakarta-Banten Gelar Seminar Penelitian dan Insentif HAKI Produktif

24 Oktober 2020   19:35 Diperbarui: 24 Oktober 2020   19:39 66 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
ADRI Jakarta-Banten Gelar Seminar Penelitian dan Insentif HAKI Produktif
Sumber: ADRI Jakarta-Banten

Perkumpulan ADRI (Ahli dan Dosen Republik Indonesia) berkomitmen untuk terus mengoptimalkan profesi dosen di Indonesia. Sebagai realisasinya, ADRI menggelar seminar daring berjudul "Sosialisasi Kebijakan Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat serta Insentif HAKI Produktif" via zoom meeting pada Sabtu, 24 Oktober 2020. Tampil sebagai pembicara 1) Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST, M.Eng, IPU (Plt. Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemristek/BRIN) sekaligus Ketua DPD ADRI DKI Jakarta -Banten dan 2) Prof. Dr. Ir. Hotniar Siringoringo, M. Sc, peneliti senior.

Dibuka oleh Presiden ADRI, Dr. Achmad Fathoni Rodli., M.Pd dan diikuti 104 peserta pengurus ADRI Jakarta-Banten, ADRI bertekad untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan oengabdian masyarakat profesi dosen di Indonesai.

"ADRI akan terus menggela seminar daring untuk para dosen sebagai upaya menambah wawasan dan peningkatan profesi. Secara khusus untuk meningkatkan penelitian dan pengabdian masyarakat para dosen. Sehingga bisa memberi nilai tamabh kepada masyarakat dan bangsa negara Indonesia" ujar Dr. Achmad Fathoni Rodli., M.Pd (Presiden ADRI/Rektor UMAHA) didampingi Prof. Dt. Eri Sarimanah, M.Pd. (Sekjen ADRI/Guru Besar Unpak).

Dalam paparannya, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST, M.Eng, IPU menegaskan pentingnya para dosen untuk memacu kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat. Untuk itu, roadmap seharusnya tidak sekedar dokumen perencanaan riset. Tapi harus menjadi komitmen dalam pelaksanaannya sekaligus memberi share value. Pernyataan komitmen dan kebersamaan tentang cita cita dan cara mencapainya harus mampu diwujudkan dengan baik.  Maka fokus, intergritas dan kesediaan berbagi dengan pihak lain adalah kunci keberhasilan roadmap penelitian di kalangan para dosen.

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. Hotniar Siringoringo, M. Sc. pun memperkuat strategi dosen peniliti untuk menemukan kebaharuan dalam penelitiannya, baik penelitian dasar, terapan, maupun pengembangan. Oleh karena itu, penelitian para dosen harus memiliki orientasi untuk merevisi metode baru, produk baru, prototipe baru atau merek dengan fungsi atau spesifikasi baru. Sejatinya, luaran penelitian para dosen adalah penyempuarnaan ilmu pengetahuan atau produk teknologi aplikatif yang ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat.

Melalui seminar daring ini, ADRI sebagai perkumpulan ahli dan dosen Republik Indonesia mengajak para dosen di Indonesia untuk terus meningkatkan kapasitas dan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat. Agar mampu menjadi dosen yang unggul dan kompetitif di tengah era digital dan revolusi industri 4.0. Salam ADRI! #ADRIHebat #DosenADRI

Sumber:  ADRI
Sumber:  ADRI

VIDEO PILIHAN