Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis - Dosen

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Konsultan di DSS Consulting sekaligus Edukator Dana Pensiun. Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak. Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Wakil Ketua IKA FBS UNJ (2017-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis dan Editor dari 31 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN; Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis" sudah dicetak ulang. Sebagai Pendiri dan Kepala Program Taman Bcaaan Lentera Pustaka di Kaki Gn. Salak Bogor. Education Specialist GEMA DIDAKTIKA dan Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

TBM Lentera Pustaka Ajarkan Komputer Sehat dan Literasi Digital

18 Oktober 2020   11:56 Diperbarui: 18 Oktober 2020   11:59 46 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
TBM Lentera Pustaka Ajarkan Komputer Sehat dan Literasi Digital
Sumber: TBM Lentera Pustaka

Zaman semakin maju semakin canggih. Tapi masih banyak anak-anak di kampung yang belum memiliki akses belajar komputer. Selain tidak adanya fasilitas komputer yang tersedia, tempat untuk belajar kompiter pun jadi masalah. Lalu, bagaimana bisa berharap ke depan literasi digital bisa memadai?

Atas dasar itulah, TBM Lentera Pustaka sebagai taman bacaan yang ada di Kaki Gunung Salak Bogor mengajarkan "Praktik Komputer" kepada 60 anak yang selama ini sudah rajin membaca di taman bacaan.  Mulai dari pengenalan peralatan computer seperti monitor, CPU dan keyboard.

Lalu dilanjutkan membuka file word -- menulis nama dan anggota keluarga, cita-cita hingga sekolah -- diakhiri menyimpan file. Praktik computer dilakukan secara bergiliran masing-masing 10 menit karena fasilitas computer hanya tersedia 5 komputer di TBM Lentera Pustaka.

Di tengah era digital seperti sekarang, tidak bisa dipungkiri, teknoloi computer memnag harus dikuasai. Karena computer menjadi bukti kemajuan teknologi, disamping sangat bermanfaat untuk mendukung berbagai aktivitas belajar dan sekolah bagi anak-anak khsusnya yang ada di pelosok seperti Kaki Gunung Salak.

Dibimbing Kak Misbach (Rumah Milenial) dan para relawan TBM lentara Pustaka, setiap anak harus mengalami proses dan mengoperasikan komputer. Hal ini dilakukan sebagai bagian untuk memperkuat literasi digital anak-anak taman bacaan.
 
"TBM Lentera Pustaka berkomitmen untuk menjadikan anak-anak taman bacaan "melek komputer". Dengan praktik komputer, anak-anak diharapkan jadi lebih rajin ke taman bacaan. Terima kasih untuk Bank Sinarmas yang telah mendonasikan komputer ke TBM Lentera Pustaka" ujar Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program TBM lentera Pustaka di Bogor hari ini.

Beberapa manfaat belajar komputer di TBM Lentera Pustaka antara lain:

1.Memudahkan untuk mengerjakan tugas dan urusan sekolah/pelajaran
2.Mengenalkan cara internet sehat agar tidak berdampak buruk bagi anak-anak
3.Membangun kebiasaan menulis di computer sehingga dapat dimanfaaatkan untuk saluran kreativitas dan inovasi belajar.
4.Memudahkan komunikasi secara tertulis melalui perangkat computer
5.Membangun semangat baca dan perilaku belajar anak melalui dukungan teknologi komputer.

Intinya, TBM Lentera Pustaka ingin mengajarkan anak-anak pembaca akan pentingnya ilmu. Namun ilmu tanpa praktik, hanya sia-sia belaka #TBMLenteraPustaka #TamanBacaan #GerakanLiterasi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x