Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan & Penulis

Konsultan di DSS Consulting, Pengajar Pendidikan Bahasa Indonesia & Edukator Dana Pensiun. Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Unpak. Pendiri TBM Lentera Pustaka. Ketua Ikatan Alumni Bahasa dan Sastra Indonesia (IKA BINDO) FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Sekjen IKA FBS UNJ (2013-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis & Editor dari 25 buku. Buku yang telah cetak ulang adalah JURNALISTIK TERAPAN & "Kompetensi Menulis Kreatif", Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis". Pendiri & Kepala Program TBM Lentera Pustaka di Gn. Salak Bogor. Owner & Education Specialist GEMA DIDAKTIKA, Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA, Pengurus Asosiasi DPLK Indonesia (2003-Now). Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Teknik Dyadic Essay dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Ilmiah Mahasiswa Unindra

17 Januari 2019   23:36 Diperbarui: 17 Januari 2019   23:42 0 2 0 Mohon Tunggu...
Teknik Dyadic Essay dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Ilmiah Mahasiswa Unindra
dokpri

Kemampuan menulis ilmiah mahasiswa cenderung kurang memadai. Mahasiswa merasa mengalami kesulitan dalam menuangkan ide dan gagasan dalam konteks ilmiah. 

Observasi yang dilakukan pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Semester VII Universitas Indraprasta PGRI terlihat gejala kurang aktifnya aktivitas menulis ilmiah mahasiswa akibat rendahnya kegiatan produktif dalam penulisan, di samping kurangnya penguasaan terhadap kemampuan menulis. Sebagian besar mahasiswa masih bergantung pada temannya, ketika diberi tugas hanya beberapa mahasiswa yang bekerja dan mengerjakan

Adanya bimbingan dari dosen untuk menyelesaikan karya ilmiah menjadi hal perlu dilakukan. Timbulnya rasa kebosanan mahasiswa terhadap proses perkuliahan pun menjadikan mahasiswa kurang antusias. Maka pembelajaran menulis ilmiah membutuhkan terobosan dan kegiatan belajar yang lebih bervariasi.

Salah satu upaya yang bisa digunakan oleh dosen untuk meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang kooperatif. Isjoni (2011:20), menyatakan pembelajaran kooperatif sebagai suatu pendekatan mengajar di mana mahasiswa bekerja sama di antara satu sama lain dalam kelompok belajar yang kecil untuk menyelesaikan tugas individu atau kelompok yang diberikan oleh dosen. Kerja sama dalam kelompok sebagai salah satu proses pembelajaran yang diharapkan mahasiswa menjadi lebih aktif.

Model pembelajaran kooperatif tipe Structured Dyadic Methods pada dasarnya dapat diterapkan oleh dosen dalam kegiatan perkuliahan menulis ilmiah. Structured Dyadic Methods (SDM) adalah sistem berpasangan, yang menekankan kerjasama. Salah satu mahasiswa menjadi tutor dan mahasiswa lainnya menjadi anggota. 

Tutor mengajarkan materi dan kuis kepada anggotanya. Ketika anggota tidak bisa menjawab kuis, maka tutor mencoba mencari alternatif untuk membantu mendorong angggotanya berfikir lagi, yang  dilakukan secara bergantian.

Model Structured Dyadic Methods diduga dapat meningkatkan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa sebagai indikator keberhasilan mata kuliah menulis ilmiah maka perlu penelitian dengan judul "Peningkatan Kemampuan Menulis Ilmiah melalui teknik Dyadic Essay pada Mahasiswa Unindra Semester VII"

Penelitian ini dibatasi kurangnya aktivitas mahasiswa dalam kemampuan menulis ilmiah sehingga menyebabkan hasil yang didapat oleh mahasiswa rendah serta masih sedikitnya penelitian metode Structured Dyadic Methods (SDM). Bagaimana peningkatan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa melalui teknik Dyadic Essay?

Model pembelajaran akan berpengaruh terhadap proses kegiatan belajar mengajar. Model pembelajaran mempunyai peranan sangat penting dalam menentukan kualitas pembelajaran dan lebih merangsang untuk menyeleksi mahasiswa lebih aktif dalam meningkatkan kecakapan sosial yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa (Rofiq, Widodo, Fajartanni, 2014:2).

Salah satunya dapat ditempuh melalui model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran yang diterapkan pada universitas, karena pada dasarnya model pembelajaran kooperatif berpusat pada mahasiswa (student center). 

Etin (2005:5) pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang membantu mahasiswa dalam mengembangkan pemahaman dan sikapnya sesuai dengan kehidupan nyata di masyarakat, sehingga dengan bekerja secara bersama-sama diantara sesama anggota kelompok akan meningkatkan motivasi, produktivitas, dan perolehan belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3