Mohon tunggu...
syam surya
syam surya Mohon Tunggu... Berpikir Merdeka, Kata Sederhana, Langkah Nyata, Hidup Bermakna Bagi Sesama

Pengajar dan Peneliti ; Multidicipliner, Humaniora. Behaviour Economics , Digital intelligence

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

5 Strategi Jalan Damai, Bertumbuh Bersama Covid 19 bagi UKMers

8 Juli 2020   21:00 Diperbarui: 8 Juli 2020   21:06 93 1 0 Mohon Tunggu...

Covid 19, telah memprakpondakan tidak hanya keseluruhan sistem bisnis – tetapi lebih dari itu,  menimbulkan kekacauan di sektor ekonomi. Aktivitas Jual Beli nyaris berhenti , karena semua harus bekerja, belajar dan beraktivitas dari rumah, nyaris tidak ada transaksi. Dari mulai Warteg dipinggir jalan sampai Restoran di Hotel Berbintang, dari tukang cukur di gang kecil sampai salon kecantikan di daerah elit, semua tutup. Semua terpaksa harus kehilangan penghasilan. Buruh harian lepas, seperti pegawai bangunan, makeup artis, pekerja wedding organizer, fotografer pernikahan, dan lainnya sudah tidak mendapatkan penghasilan karena sejumlah proyek terpaksa ditunda akibat pandemi virus Corona. Bahkan saat hari raya lebaran dimana biasanya para pengusaha UKM ( UKMers )  berpesta dengan order luar biasa tahun ini tidak bisa mengambil keuntungan, harga bahan baku yang melambung dan pembeli yang berkurang. Juga tidak bisa menaikkan harga jual produk karena  daya beli masyarakat sedang lesu.

Bersyukur Digital sedikit menyelamatkan walau tidak semua bisa tertolong dan  Pemerintah dengan cukup berani mengambil kebijakan dengan tidak memberlakukan lockdown, sehingga UKMers di daerah masih punya kesempatan untuk mencari cara agar tetap bisa ‘bertahan hidup’.

Lalu , apa yang harus dilakukan selanjutnya ? Mengurung diri terus di rumah ? tentu tidak.  UKMers ini adalah pejuang yang selalu optimis dan ulet. Selalu dapat keluar dari masa-masa sulit. Ini  karena para UKMers memiliki DNA Ketangguhan. UKMers selalu yakin bahwa setiap krisis memiliki titik akhir. Bagaimanapun pandemi COVID-19 berpotensi lebih lama dan akan membutuhkan waktu beberapa bulan/tahun  untuk menyelesaikannya. Dan ini sementara, sedangkan bisnis UKMers  adalah permanen.

Pada saat ini, hanya ada dua pilihan:  Beradaptasi dan bertahan hidup dengan berinovasi atau ditutup.  Pilihan bagi UKMers adalah terus  bergerak menghadapi tantangan sempurna untuk mempraktikkan ketahanan bisnis dengan beradaptasi dengan cara yang lebih cepat, sebagai penentu agar bertahan hidup dan bahkan berkembang. 

Lalu apa strategi jalan damai agar tetap bertumbuh ditengah Covid 19 , bagi para UKMErs?  

Pertama : Bersiap Selalu Sehat Diri dan Sehat Bisnis.

Ini adalah strategi membangun pertahanan diri yang kuat. Karena harus hidup berdampingan dengan Covid 19, terlebih ada “Orang Tanpa Gejala “, maka Kesehatan harus menjadi perhatian utama bagi  para UKMers yaitu  kesehatan diri dan karyawan, juga bisnis yang dikelola adalah bisnis yang sehat. Jangan menyepelekan Corona! Ini pandemik Nyata dan Kerugiannya tak terkira. beberapa tindakan strategi perlindungan diri, antara sebagai berikut : 

a). Cegah dengan Monitor Pemetaan Keberadaan Covid 19.

Lengkapi perangkat Smartphone para UKMers dengan meinstal Aplikasi milik Pemerintah #pedulilindungi atau #bersatulawancovid.  Minta semua orang yang membantu, pekerja, distributor dan semua yang terlibat dalam proses produksi/distribusi/pemasaran produk dan jasa UKMers meng install  aplikasi tersebut, dan mengaktifkannya. Selalu perhatikan Notifikasi, terutama untuk bagian pengiriman dan distribusi. Semua tetap harus selalu siaga namun dengan sikap biasa tentunya, tidak panik, Bagaimanapun mencegah jauh lebih baik. Bayangkan apabila di tempat usaha UKMers ada yang terpapar Covid 19, maka tidak ada pilihan usaha harus tutup 14 -21 hari ke depan atau sampai dinyatakan aman, semua yang terlibat harus mengkarantina diri. Tentu ini kerugian yang sangat besar, terlebih di saat baru mau pulih usaha kembali.

b). Selalu Patuhi Protokol Kesehatan.

Disemua aktifitas bisnis selalu : - Pakai Masker, - Rutin Cuci Tangan, - Jaga Jarak dan - Pelihara Terus Kebersihan Peralatan, termasuk pada aktivitas produksi dan penjualan. Selalu bersihkan diri bila keluar, tersedia tempat cuci tangan, peralatan kerja yang selalu dijaga, juga proses produksi dari mulai pengolahan bahan baku sampai pengepakan produk dan distribusi. Biaya pengobatan Corona sangat mahal, jadi jagalah dan patuhlah untuk yang satu ini- ini kepatuhan untuk keselamatan diri.

c).  Terapkan dan Promosikan

Promosikan Dua prinsip di atas,. Ini adalah membangun Kepercayaan dan Transpransi Proses Bisnis.  Dengan menginformasikan dan menunjukkan semua proses yang mematuhi protokol kesehatan, proses produksi yang bersih dan sehat tersebut di media sosial para UKMers, di Story di Instagram, Facebook atau media sosial lainnya, para UKMers  sudah membangun kredibilitas yang dibutuhkan para pelanggan. 

Strategi Kedua : Identifikasi peluang tersembunyi

Kegiatan mengidentifikasi ini juga seharusnya dilaksanakan bulan lalu, saat kita dalam kepompong di awal pandemi. Tapi tidak mengapa, tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai usaha. 

Peluang tersembunyi , adalah semua peluang yang sulit didapat. Jadi, UKMers  perlu membuka mata dan telinga untuk melihat, membaca  dan mendengarkan lebih banyak pembicaraan mengenai produk dan layanan yang dibutuhkan pelanggan; mencek jaringan, untuk mencari tahu apa yang ada di depan. Kemudian UKMers lihat pada diri, pada produknya, pada layanannya, pada distribusinya, apakah semua sudah sesuai dengan harapan pelanggan yang hidup dengan kebiasaan baru ?  Ingat, pada masa krisis seperti ini, semua harus diperhitungkan !. Terutama dari lini depan, para karyawan yang mengirimkan produk ke pelanggan. Jadi sebelum beradaptasi dan membuat perubahan pada produk dan jasa, para UKMers harus memastikan tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat dalam menemukan peluang berikutnya :

Disebut tersembunyi karena suatu alasan. Namun untuk mencarinya tidak perlu jauh : Semua ada di tangan para UKMers. Bukalah  kembali postingan Media Sosial, para UKMers, Lihat Foto Produk, Pilih Mana yang Paling Banyak Dipesan, atau Lihat Data Kontak Pelanggan, Lihat Mana yang Selalu Memesan rutin dan Mana yang Sudah lama tidak. Periksa catatan percakapan dengan pelanggan, lihat Group W/A Atau Telegram , kapan terakhir posting produk disini, atau apa yang sedang diperbincangkan. Ini adalah Peluang Tersembunyi, Dekat tapi tidak dan jarang kita sentuh, karena mungkin kita sibuk mengejar Omzet.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN