Mohon tunggu...
Syalwa Bella Sopian
Syalwa Bella Sopian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Akuntansi

mahasiswa peduli dengan pendidikkan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perkembangan Fitur Aplikasi untuk Membantu Melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Selama Pandemi Covid-19

30 Juli 2021   11:51 Diperbarui: 30 Juli 2021   13:00 53 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perkembangan Fitur Aplikasi untuk Membantu Melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Selama Pandemi Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Semenjaknya beredar berita virus Covid-19 yang berbahaya  serta cepatnya penyebaran virus yang berasal dari kota Wuhan, China.  Akhirnya ditetapkan bahwa pandemi Covid-19 ini memang ada dan berbahaya, WHO memberitahukan bahwa Negara-Negara lain harus siap untuk menghadapi pandemi  ini serta senantiasa menghimbau warga Negaranya untuk menggunakan masker,  jaga jarak, dan tidak berkerumunan. WHO juga menetapkan kebijakan lockdown untuk sementara waktu di masing-masing negara. Tepat di Bulan Maret 2020 virus ini masuk ke negara Indonesia dengan membawa perubahan bagi Indonesia, dengan adanya  penyebaran yang semakin signifikan membuat jumlah pasien positif  terus bertambah dan membuat sektor mengalami dampak dari penyebaran virus ini salah satunya sektor pendidikan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan kebijakan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak dengan menetapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dengan ditetapkan kebijakan tersebut, banyaknya sistem pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh ini, membuat berkembangnya berbagai aplikasi & fitur pembelajaran di masa pandemi seperti aplikasi tatap muka sampai dengan aplikasi menginput tugas, data dan nilai.

Aplikasi-aplikasi yang membantu PJJ seperti  Zoom yang memudahkan siswa untuk tatap muka dengan si pengajar, serta adanya fitur Zoom untuk memudahkan si pengajar  melakukan presentasi dengan menampilkan powerpoint saat menjelaskan materi yang akan dijelaskan. Tidak hanya itu di aplikasi Zoom berkembang dengan adanya background, serta untuk anak muda sekarang tidak perlu khawatir karena Zoom menyediakan efek yang berkualitas untuk tampilan video anda selain itu ada yang terbaru bahwa sekarang juga Zoom bisa memakai background di handphone, caranya dengan membuka aplikasi Zoom di handphone, lalu saat diruang kelas/rapat kalian pilih menu more dan pilih virtual background, setelah selesai  pilihlah background yang kalian inginkan sebagai background, dan  Jika sudah memilih background yang diinginkan kalian klik keluar. Tidak hanya itu masih banyak fitur di aplikasi Zoom yang berkembang. Selain Zoom aplikasi Google Meet juga mempunyai sebuah fitur yang sangat membantu kalian yang tidak mengerti bahasa asing yang di bicarakan saat rapat/kelas dengan cara 1. Kalian klik titik tiga di bawah 2. Kalian pilih teks 3. Kalian pilih bahasa mana yang akan kalian pilih untuk menerjemahkan, dengan otomatis saat si pembicara sedang berbicara akan keluar terjemahan berupa teks. Sama seperti Zoom, Google Meet ini juga bisa digunakan di handphone dan bisa digunakan dimana saja.

Selain aplikasi-aplikasi tatap muka, aplikasi yang sangat membantu dalam pembelajaran kelas dan mengumpulkan tugas dengan mudah serta memberi atau mendata nilai dan absensi dengan mudah yaitu Google Classroom yang memberi kemudahan untuk si pemakainya dengan bentuk kemudahan seperti Google Drive, Google Docs, Google  Sheets and Slide, Gmail, dan senantiasa terhubung dengan Google Meet dengan menaruh link di Google Classroom tersebut. Pengumpulan tugas yang disimpan akan otomatis tersimpan di Google Drive siswa dan si pengajar dengan aman, karena penilaian pun menjadi opsi terpenting yang harus di ketahui oleh siswa saat PJJ dengan di Google Classroom ini memudahkan pihak pihak yang menggunakan nilai akan terlihat di kolom pengerjaan tugas setelah tugas diperiksa. Selain itu ada fitur yang sangat membantu dalam menganalisis survei yaitu Google Form. Dengan berkembangnya fitur tersebut membantunya proses belajar mengajar jarak jauh.

Banyaknya fitur aplikasi yang berkembang dan banyaknya keunggulan dari macam-macam aplikasi yang membantu PJJ. Ini menjadi sebuah pilihan untuk lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah dan universitas dimasa pandemi saat ini untuk membantu mengurangi jumlah kasus positif yang terus melonjak dengan tetap belajar  dari rumah. Selain itu perkembangan fitur terbaru membuat lebih praktis dan efesien, Karena pembelajaran ini dapat di akses dimana saja dan kapan saja dengan melalui perangkat apa saja seperti  gawai, laptop, dan PC. Para siswa tetap bisa berinteraksi dengan teman-temannya dengan melalui berbagai fitur aplikasi tersebut selayaknya pembelajaran di kelas  sebenarnya.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN