Mohon tunggu...
Sukarja
Sukarja Mohon Tunggu... Desainer - Pemulung Kata

Pemulung kata-kata. Pernah bekerja di Kelompok Kompas Gramedia (1 Nov 2000 - 31 Okt 2014)

Selanjutnya

Tutup

Home Pilihan

Pentingnya Penghematan Energi Dimulai dari Rumah Sendiri

13 November 2023   07:44 Diperbarui: 13 November 2023   08:00 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Hemat Energi/sumber: bobo.grid.id

Dalam era modern ini, kesadaran akan pentingnya penghematan energi semakin menjadi perhatian utama, terutama bagi mereka yang ingin mengurangi biaya hidup, sekaligus memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan. Melakukan penghematan energi di rumah bukan hanya merupakan tindakan bijak secara finansial, tetapi juga langkah konkret untuk menjaga keberlanjutan planet kita. Dari pemilihan peralatan elektronik yang efisien hingga penerapan teknologi smart home yang canggih, ada berbagai cara praktis yang dapat dilakukan oleh setiap individu untuk menciptakan lingkungan rumah yang hemat energi.

Salah satu langkah pertama yang dapat diambil adalah dengan memilih peralatan elektronik yang dilengkapi dengan teknologi inverter. Teknologi ini, yang semula banyak digunakan pada AC, kini telah merambah ke berbagai perangkat, seperti kulkas. Kemampuannya untuk mengatur daya secara otomatis sesuai kebutuhan membuatnya menjadi pilihan utama bagi mereka yang menginginkan peralatan dengan konsumsi energi yang lebih rendah. Dengan teknologi inverter, perangkat dapat bekerja lebih efisien tanpa mengorbankan kualitas kinerja.

Selain memilih peralatan dengan teknologi inverter, penting juga untuk memerhatikan label energi saat berbelanja. Label energi memberikan informasi mengenai seberapa efisien suatu perangkat dalam menggunakan energi. Semakin tinggi rating label energi, semakin efisien perangkat tersebut. 

Oleh karena itu, menjadi bijak bagi kita untuk selalu memilih peralatan dengan rating energi yang tinggi untuk memastikan efisiensi dan penghematan energi yang maksimal.

Penerapan sistem rumah pintar atau smart home system juga menjadi langkah inovatif dalam mengelola penggunaan energi di rumah. Dengan menggunakan aplikasi smartphone, pemilik rumah dapat dengan mudah mengontrol perangkat elektronik, mengatur jadwal penggunaan, dan bahkan mematikan perangkat dari jarak jauh. Dengan demikian, tidak hanya memberikan kenyamanan tetapi juga meminimalkan pemborosan energi yang seringkali terjadi ketika peralatan dibiarkan menyala tanpa pengawasan.

Infografis Smart Home System/sumber: rumah.com
Infografis Smart Home System/sumber: rumah.com

Meskipun teknologi modern memberikan solusi canggih, sederet langkah sederhana juga dapat diambil untuk melakukan penghematan energi. Mengoptimalkan penggunaan AC, mengatur suhu air panas, dan membersihkan filter secara teratur adalah contoh-contoh tindakan kecil yang dapat memberikan dampak besar. Matikan peralatan yang tidak digunakan dan pertimbangkan untuk investasi dalam panel surya jika memungkinkan, karena ini tidak hanya berkontribusi pada penghematan energi tetapi juga memanfaatkan sumber energi terbarukan.

Dengan menyatukan langkah-langkah tersebut, bukan hanya tagihan listrik yang dapat ditekan, tetapi juga jejak lingkungan yang dapat dikurangi. 

Selain itu, ada beberapa langkah sederhana yang dapat diambil untuk melakukan penghematan energi di rumah tanpa harus menggunakan peralatan yang mahal. Berikut beberapa tips penghematan energi yang dapat Anda terapkan:

1. Matikan Peralatan Saat Tidak Digunakan.
Pastikan untuk mematikan peralatan elektronik seperti lampu, charger, dan perangkat lainnya ketika tidak digunakan. Pemakaian listrik oleh peralatan yang tetap dalam mode standby dapat berkontribusi pada konsumsi energi yang tidak perlu.

2. Manfaatkan Cahaya Alami.

Gunakan cahaya alami sebanyak mungkin di siang hari. Buka tirai atau jendela agar sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah. Dengan memanfaatkan cahaya alami, Anda dapat mengurangi ketergantungan pada lampu listrik.

Foto Ilustrasi Memanfaatkan Cahaya Alami/sumber: rumah123.com
Foto Ilustrasi Memanfaatkan Cahaya Alami/sumber: rumah123.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun