Mohon tunggu...
syakinahdwinatasya
syakinahdwinatasya Mohon Tunggu... Syakinah (kinah)

semangat

Selanjutnya

Tutup

Politik

Makna Sumpah Pemuda bagi Bangsa Indonesia

26 Oktober 2020   22:36 Diperbarui: 26 Oktober 2020   22:38 602 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Makna Sumpah Pemuda bagi Bangsa Indonesia
sumber: freepik.com

Sejarah Sumpah Pemuda merupakan suatu peristiwa yang penting dalam sejarah pergerakan Kemerdekaan Indonesia. Dimana Ikrar ini menjadi satu tonggak utama bangkitnya semangat para pemuda Indonesia untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Begitu banyak sejarah sejarah yang dapat dijadikan semangat perjuangan khususnya bagi generasi muda sekarang, karna digenarsi milenial ini banyak orang orang yang tidak mengerti atau tidak peduli terhadap momentum di hari sumpah pemuda. Sumpah pemuda menjadi tolak ukur perjuangan kaum pemuda di era 1928 dengan semangat yang tinggi yang luar biasa, pastinya dalam hal ini disamping berhasilnya kemerdekaan tidak lepas dari peran pemuda pemuda Indonesia.

Sumpah Pemuda merupakan ikrar yang menegaskan cita cita berdirinya Negara Indonesia. Ikrar ini sebenarnya merupakan hasil dari Kongres Pemuda II yang diadakan di Batavia oktober tahun 1928 selama 2 hari yakni tanggal 27 hingga 28 oktober.

Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kerapatan Pemuda-pemudi atau Kongres Pemuda II Indonesia yang sampai sekarang setiap tanggal 28 oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Tujuan dari Kongres Pemuda II ini antara lain yaitu Melahirkan cita cita semua perkumpulan pemuda pemuda Indonesia, Membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia serta Memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia.

sumpah Pemuda juga memiliki cerita sejarah dan tujuan yang penting bagi bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan sebuah tekad dan semangat para pemuda-pemudi Indonesia dalam menegakkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari jajahan negara asing. Oleh karena itu, Sumpah Pemuda memiliki rasa nasionalisme yang tinggi berkat semangat perjuangan yang terkandung di dalamnya.

Rumusan Kongres Pemuda II ini menghasilkan sumpah pemuda yang berbunyi:

1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Adapun beberapa makna dari ketiga ikrar Sumpah Pemuda yaitu :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN