Mohon tunggu...
Syaiful Anwar
Syaiful Anwar Mohon Tunggu... Dosen - Dosen FEB Universitas Andalas Kampus Payakumbuh

Cara asik belajar ilmu ekonomi www.unand.ac.id- www.eb.unand.ac.id https://bio.link/institutquran

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Ciri Khas Perempuan Pengusaha (11)

9 Maret 2024   18:03 Diperbarui: 9 Maret 2024   18:10 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Salah satu ciri khas atau karakteristik khusus yang sering ditemukan pada perempuan pengusaha adalah fleksibilitas dan ketahanan. Ini mencerminkan kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan perubahan, menghadapi tantangan, dan tetap kuat dalam menghadapi situasi yang sulit. Berikut adalah beberapa poin yang menjelaskan ciri ini lebih lanjut:

  1. Fleksibilitas dalam Strategi: Perempuan pengusaha cenderung memiliki fleksibilitas dalam strategi bisnis mereka. Mereka mampu menyesuaikan dan mengubah rencana mereka sesuai dengan perubahan di pasar, kebutuhan pelanggan, atau lingkungan eksternal lainnya.
  2. Resilience (Daya Tahan): Mereka menunjukkan daya tahan yang tinggi dalam menghadapi rintangan dan kegagalan. Meskipun mengalami tantangan, mereka tetap teguh dan gigih dalam mengejar tujuan mereka, menggunakan kegagalan sebagai peluang untuk belajar dan tumbuh.
  3. Kreativitas dalam Pemecahan Masalah: Perempuan pengusaha menggunakan kreativitas mereka untuk menemukan solusi atas masalah yang muncul. Mereka bisa berpikir di luar kotak dan menemukan pendekatan yang inovatif untuk mengatasi hambatan yang dihadapi bisnis mereka.
  4. Fleksibilitas Waktu dan Lokasi: Beberapa perempuan pengusaha memanfaatkan fleksibilitas waktu dan lokasi dalam menjalankan bisnis mereka. Mereka mungkin dapat bekerja dari rumah, mengatur jadwal kerja yang sesuai dengan kebutuhan pribadi mereka, dan menyesuaikan waktu kerja dengan tanggung jawab keluarga.
  5. Pengelolaan Stres: Mereka memiliki kemampuan untuk mengelola stres dan tekanan yang datang dengan menjalankan bisnis mereka. Ini melibatkan praktik-praktik seperti meditasi, olahraga, atau mengambil waktu untuk diri sendiri guna meremajakan pikiran dan tubuh.
  6. Pembelajaran dan Adaptasi: Perempuan pengusaha siap belajar dan beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang selalu berubah. Mereka terbuka terhadap masukan, umpan balik, dan pelajaran baru, dan menggunakan pengalaman ini untuk terus berkembang dan meningkatkan kinerja bisnis mereka.

Fleksibilitas dan ketahanan adalah kualitas penting yang membantu perempuan pengusaha berhasil dalam menghadapi tantangan dan perubahan yang tidak terduga. Kemampuan mereka untuk beradaptasi, bertahan, dan terus berkembang memungkinkan mereka untuk meraih kesuksesan dalam bisnis mereka, bahkan di tengah-tengah lingkungan yang berubah dengan cepat.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun