Mohon tunggu...
Syaiful Anwar
Syaiful Anwar Mohon Tunggu... Dosen - Dosen FEB Universitas Andalas Kampus Payakumbuh

Cara asik belajar ilmu ekonomi www.unand.ac.id- www.eb.unand.ac.id https://bio.link/institutquran

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Ciri Khas Perempuan Pengusaha (7)

8 Maret 2024   14:30 Diperbarui: 8 Maret 2024   14:33 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Salah satu ciri khas atau karakteristik khusus yang sering ditemukan pada perempuan pengusaha adalah kemampuan untuk mengatasi rintangan. Ini mencerminkan ketangguhan dan ketekunan mereka dalam menghadapi tantangan, baik itu dalam bisnis maupun kehidupan secara umum. Berikut adalah beberapa poin yang menjelaskan ciri ini lebih lanjut:

  1. Resilience (Daya Tahan): Perempuan pengusaha sering menunjukkan daya tahan yang luar biasa dalam menghadapi rintangan. Mereka tidak mudah menyerah di hadapan hambatan atau kegagalan, tetapi sebaliknya menggunakan pengalaman tersebut sebagai peluang untuk belajar dan tumbuh.
  2. Kreativitas dalam Pemecahan Masalah: Mereka menggunakan kreativitas dan fleksibilitas untuk mencari solusi atas rintangan yang mereka hadapi. Mereka mungkin menemukan pendekatan baru atau melihat peluang di tempat yang tidak terduga untuk mengatasi rintangan yang muncul.
  3. Menggunakan Jaringan Dukungan: Perempuan pengusaha sering mengandalkan jaringan dukungan yang kuat, termasuk teman, keluarga, mentor, dan rekan bisnis, untuk membantu mereka mengatasi rintangan. Dukungan ini bisa berupa bimbingan, nasihat, atau bantuan praktis dalam menghadapi tantangan.
  4. Mengubah Tantangan Menjadi Peluang: Mereka melihat rintangan sebagai kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Mereka menggunakan tantangan tersebut sebagai motivasi untuk meningkatkan diri dan bisnis mereka, daripada sebagai hambatan yang tidak dapat diatasi.
  5. Menghadapi Tantangan Gender: Perempuan pengusaha mungkin menghadapi rintangan tambahan karena faktor gender. Namun, mereka menggunakan ketekunan dan ketangguhan untuk mengatasi stereotip dan diskriminasi, serta memperjuangkan kesetaraan dan inklusi di tempat kerja.
  6. Belajar dari Kegagalan: Mereka melihat kegagalan sebagai bagian alami dari proses belajar dan pertumbuhan. Mereka menggunakan pengalaman kegagalan untuk mendapatkan wawasan yang berharga, memperbaiki strategi mereka, dan meningkatkan kesempatan keberhasilan di masa depan.

Kemampuan untuk mengatasi rintangan adalah salah satu kualitas utama yang membedakan perempuan pengusaha yang sukses. Mereka menggunakan ketekunan, kreativitas, dan dukungan dari jaringan mereka untuk melewati hambatan dan mencapai tujuan mereka, membuktikan bahwa mereka adalah pemimpin yang tangguh dan inspiratif.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun