Mohon tunggu...
Syaiful Anwar
Syaiful Anwar Mohon Tunggu... Dosen - FEB Universitas Andalas Kampus Payakumbuh

Dosen FEB, Peneliti, Penulis, Senang belajar https://bio.link/institutquran

Selanjutnya

Tutup

Metaverse Pilihan

Sebuah Dunia Baru: Metaverse

30 Januari 2024   20:36 Diperbarui: 30 Januari 2024   20:40 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Metaverse. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Metaverse adalah istilah yang merujuk pada ruang virtual bersama yang diciptakan oleh konvergensi teknologi digital, termasuk realitas virtual (VR), augmented reality (AR), Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), dan teknologi terkait. Dalam metaverse, pengguna dapat berinteraksi satu sama lain dan dengan lingkungan yang dibuat oleh komputer dalam waktu nyata.

Penting untuk dipahami bahwa metaverse bukanlah satu platform tunggal, melainkan konsep yang mencakup berbagai platform dan teknologi yang bekerja bersama untuk menciptakan pengalaman virtual yang terintegrasi. Ini termasuk permainan video, aplikasi sosial virtual, ruang pertemuan online, dan banyak lagi.

Beberapa karakteristik utama dari metaverse meliputi:

Interaksi Real-Time: Pengguna dapat berinteraksi satu sama lain dalam waktu nyata di lingkungan virtual. Ini mencakup obrolan, kolaborasi, dan berbagai kegiatan sosial.

Dunia Virtual 3D: Metaverse sering kali terbentuk dalam bentuk dunia virtual tiga dimensi, tempat pengguna dapat menjelajahi dan berinteraksi dengan objek dan orang di sekitarnya.

Ekonomi Digital: Metaverse juga mencakup aspek ekonomi digital, di mana pengguna dapat melakukan transaksi, membeli barang virtual, atau bahkan mengembangkan dan memonitisasi properti digital.

Kreativitas dan Konten Digital: Platform metaverse menyediakan ruang bagi kreativitas dan produksi konten digital. Ini termasuk pembuatan dan berbagi permainan, seni digital, dan konten hiburan lainnya.

Akses Melalui Berbagai Perangkat: Metaverse dapat diakses melalui berbagai perangkat, termasuk headset VR, perangkat AR, komputer, ponsel cerdas, dan lainnya.

Pertumbuhan Berkelanjutan: Metaverse terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan inovasi dalam ruang digital.

Perusahaan teknologi besar dan banyak pelaku industri telah mulai memperhatikan dan menginvestasikan sumber daya dalam pengembangan metaverse. Penerapan konsep ini memiliki potensi untuk memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk cara kita bekerja, bermain, berinteraksi, dan bahkan berdagang di era digital.

Metaverse mengacu pada ruang virtual bersama yang diciptakan oleh konvergensi realitas fisik dan virtual. Secara sederhana, metaverse adalah semacam dunia digital di mana orang dapat berinteraksi satu sama lain dan dengan lingkungan yang dibuat oleh komputer secara real-time. Konsep ini mendapatkan perhatian besar dalam beberapa tahun terakhir, didorong oleh kemajuan teknologi dan integrasi pengalaman virtual dalam kehidupan sehari-hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun