Mohon tunggu...
Syaiful Anwar
Syaiful Anwar Mohon Tunggu... Dosen - FEB Universitas Andalas Kampus Payakumbuh

Dosen FEB, Peneliti, Penulis, Senang belajar https://bio.link/institutquran

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Hari Gizi Nasional, Ternyata...

25 Januari 2024   18:04 Diperbarui: 25 Januari 2024   18:18 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Hari Gizi Nasional adalah perayaan yang diadakan setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi yang baik untuk kesehatan. Di Indonesia, Hari Gizi Nasional diperingati setiap tanggal 25 Januari.


Perayaan Hari Gizi Nasional memiliki beberapa tujuan utama, yang pada umumnya difokuskan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi yang baik untuk kesehatan. Beberapa tujuan dari perayaan ini antara lain:

  1. Meningkatkan Pemahaman Masyarakat: Hari Gizi Nasional bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya gizi yang baik dalam menjaga kesehatan. Melalui kegiatan penyuluhan, seminar, dan kampanye gizi, diharapkan masyarakat dapat memahami dampak gizi terhadap pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan secara umum.
  2. Mendorong Pola Makan Sehat: Perayaan ini bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk mengadopsi pola makan sehat dan seimbang. Ini termasuk penekanan pada konsumsi makanan bergizi, variasi dalam jenis makanan, dan porsi yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.
  3. Mencegah Gizi Buruk: Salah satu tujuan kunci adalah pencegahan gizi buruk. Dengan meningkatkan kesadaran masyarakat, diharapkan dapat dihindari masalah gizi seperti kurang gizi, kelebihan gizi, serta gangguan makan dan pola makan yang tidak sehat.
  4. Memberikan Informasi Terkini tentang Gizi: Hari Gizi Nasional juga menjadi wadah untuk menyampaikan informasi terkini dan fakta-fakta terkait gizi kepada masyarakat. Ini melibatkan penyebaran informasi mengenai nilai gizi berbagai jenis makanan, kebutuhan gizi pada berbagai kelompok usia, dan perkembangan penelitian terbaru dalam bidang gizi.
  5. Melibatkan Berbagai Pihak: Perayaan ini melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah, lembaga kesehatan, lembaga pendidikan, lembaga swasta, dan masyarakat umum. Kerjasama antarpihak ini diharapkan dapat menciptakan sinergi untuk mencapai tujuan peningkatan kesadaran gizi.

Melalui pencapaian tujuan-tujuan ini, diharapkan masyarakat dapat hidup dengan gaya hidup sehat, mengurangi risiko terhadap masalah kesehatan yang berkaitan dengan gizi, dan mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

Sejarah Hari Gizi Nasional di Indonesia dimulai pada tahun 1959. Pada waktu itu, pemerintah Indonesia melalui Departemen Kesehatan mengadakan konferensi di Bandung yang membahas masalah gizi dan kesehatan masyarakat. Sebagai hasil dari konferensi tersebut, diputuskan untuk menetapkan tanggal 25 Januari sebagai Hari Gizi Nasional.

Tujuan utama dari perayaan Hari Gizi Nasional adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya asupan gizi yang seimbang untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan gizi buruk.

Setiap tahun, tema yang berbeda dipilih untuk Hari Gizi Nasional, yang mencerminkan isu-isu terkini dan penting dalam bidang gizi. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam rangka perayaan ini melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah, lembaga swasta, organisasi non-pemerintah, sekolah, dan masyarakat umum. Kegiatan tersebut dapat berupa penyuluhan gizi, seminar, lokakarya, kampanye gizi, dan kegiatan-kegiatan edukatif lainnya.

Hari Gizi Nasional ke 64 Tahun 2024 bertemakan MP-ASI kaya Protein hewani cegah stunting dengan slogan MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas. Tema ini mencerminkan perhatian terhadap gizi anak-anak, khususnya dalam fase awal kehidupan, yang merupakan periode kritis dalam pertumbuhan dan perkembangan.

Tema "MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas" menekankan pentingnya memberikan makanan pendamping ASI yang berkualitas tinggi agar anak-anak dapat tumbuh optimal dan mencapai potensi penuh mereka. Protein hewani dikenal sebagai komponen penting dalam pembentukan jaringan tubuh dan pertumbuhan yang sehat.

Dengan fokus pada pencegahan stunting, perayaan Hari Gizi Nasional tahun 2024 dapat mencakup kegiatan-kegiatan seperti penyuluhan kepada orang tua, pendidik, dan masyarakat umum tentang pentingnya nutrisi pada masa awal kehidupan anak. Selain itu, kampanye-kampanye pemberdayaan ibu hamil dan menyusui untuk memberikan ASI eksklusif dan memperkenalkan MP-ASI yang kaya protein hewani juga dapat menjadi bagian dari upaya pencegahan stunting.

Semoga perayaan Hari Gizi Nasional yang ke-64 ini dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi anak-anak dan langkah-langkah konkret untuk mencegah stunting.

Hari Gizi Nasional merupakan momentum untuk menyadarkan masyarakat akan peran penting gizi dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup. Peningkatan kesadaran ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk mengadopsi gaya hidup sehat dan pola makan yang seimbang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun