Mohon tunggu...
Syaiful Anwar
Syaiful Anwar Mohon Tunggu... Dosen - FEB Universitas Andalas Kampus Payakumbuh

Dosen FEB, Peneliti, Penulis, Senang belajar https://bio.link/institutquran

Selanjutnya

Tutup

NFT Pilihan

Jadi Gini Wir, NFT itu Gampangnya...

24 Januari 2024   19:55 Diperbarui: 24 Januari 2024   20:20 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
NFT. Sumber ilustrasi: KOMPAS GRAMEDIA

Jadi gini, Wir...

NFT, atau Non-Fungible Token, adalah representasi digital yang menggunakan teknologi blockchain untuk memberikan kepemilikan yang unik dan tidak dapat dipindahkan untuk suatu aset digital atau karya seni. Berikut adalah cara mudah memahami NFT:

Token Non-Fungible: Token non-fungible berarti setiap token memiliki nilai unik atau karakteristik yang membedakannya dari token lainnya. Ini berbeda dengan mata uang kripto seperti Bitcoin atau Ethereum yang bersifat fungible, di mana satu unit dapat saling dipertukarkan dengan yang lain dengan nilai yang sama.

Blockchain: NFT menggunakan teknologi blockchain, yaitu buku besar terdesentralisasi yang mencatat transaksi tanpa perlu otoritas pusat. Dengan menggunakan blockchain, keaslian dan kepemilikan aset digital dapat diverifikasi.

Karya Seni dan Aset Digital: NFT sering digunakan dalam konteks seni digital, musik, video, dan aset digital lainnya. Sebuah karya seni atau aset digital dapat diwakili sebagai NFT, memberikan bukti kepemilikan dan keaslian.

Smart Contracts: NFT didukung oleh smart contracts atau kontrak pintar. Ini adalah program komputer yang berjalan di atas blockchain dan mengatur persyaratan dan ketentuan dari suatu transaksi. Dalam konteks NFT, smart contract menentukan bagaimana kepemilikan aset dapat dipindahkan antara pemilik.

Pasaran NFT: Terdapat pasar online khusus yang memfasilitasi pembelian, penjualan, dan pertukaran NFT. Salah satu pasar NFT yang terkenal adalah OpenSea. Pada pasar ini, orang dapat menjelajahi, membeli, dan menjual NFT.

Dompet Kripto: Untuk berpartisipasi dalam transaksi NFT, Anda memerlukan dompet kripto yang kompatibel dengan standar NFT. Dompet ini memungkinkan Anda menyimpan, mengirim, dan menerima NFT.

Verifikasi Kepemilikan: Kepemilikan NFT dapat diverifikasi di blockchain. Setiap transaksi, termasuk pembelian dan penjualan NFT, dicatat secara transparan dan tidak dapat diubah.

Risiko dan Keamanan: Perlu diingat bahwa, seperti halnya dengan investasi apa pun, terdapat risiko terkait dengan membeli dan menjual NFT. Penting untuk memahami konsep keamanan dan melakukan riset sebelum terlibat dalam transaksi NFT.

Dengan memahami konsep-konsep dasar ini, Anda dapat lebih mudah memahami bagaimana NFT bekerja dan bagaimana Anda dapat terlibat dalam ekosistem ini jika diinginkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten NFT Selengkapnya
Lihat NFT Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun