Mohon tunggu...
bayu_nplus
bayu_nplus Mohon Tunggu... Musisi Jelata / Tukang musik

Simpel, sederhana dan musik hidupku.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Terdampak PSBB Covid-19, Tukang Musik Jelata Ibu Kota Semakin Menderita

23 Mei 2020   08:00 Diperbarui: 23 Mei 2020   10:47 39 5 1 Mohon Tunggu...

Jujur, saya riskan mengatakan musisi, takutnya secara awam menimbulkan salah arti. Masyarakat secara awam mengartikan musisi adalah pemusik yang notabene bisa berarti selebriti ( Ahmad Dhani, Anang Hermansyah, Jelly Tobing, Iwan Fals, Fariz RM, Abadi Soesman, dsb), atau mungkin juga seseorang yang terlihat gemerlap,trendy dengan tingkat ekonomi yang lebih dari cukup.

Itu predikat musisi yang secara umum/awam tergambar di benak masyarakat. Sebenarnya istilah tukang musik ini awalnya saya dengar dari lagu Koes Plus, Volume 14, judulnya Rata-Rata.

Lagu ini ditulis sekaligus dinyanyikan oleh Tony Koeswoyo. Saya merasa musisi yang saya maksud dalam tulisan ini lebih reprenstatif dengan istilah Tukang Musik.

Memang musisi itu sendiri adalah orang yang memainkan alat musik seperti gitar atau piano atau orang yang menyanyi.

Seorang musisi juga seseorang yang menulis lagu  (Pencipta lagu/Penulis lagu), baik dirinya sendiri maupun diserahkan ke orang lain ( Wikipedia bahasa indonesia, ensiklopedia bebas ), ini bisa berarti siapa saja baik yang sudah selebriti maupun yang terseok-seok menjalani profesi musisi. Tapi patut diingat bahwa istilah musisi sudah mengalami penyempitan makna dan menciptakan makna baru bagi masyarakat kita.

Akibatnya seperti yang saya terangkan diatas. Ahmad Dhani Musisi, siapa yang menyangkal?. Teman saya, Handoko juga musisi. Pasti anda bertanya, siapa ?memang musisi?tampil di TV mana, jangan-jangan di TV mainan anak-anak. Padahal teman saya ini musisi tulen, makan gak makan tetap jrenkk. Jadi saya rasa,  Jelas tulisan ini mengarah ke musisi yang mana.

Lebih sempit lagi, Tukang Musik yang saya maksud adalah seseorang dengan profesi/kerja/mata pencahariannya bermain musik sebagai pemain dari instrumen/alat musik ( gitar,bass,drum,keyboard,dll ) di sebuah tempat yang mengadakan pertunjukan musik/band baik rutin setiap hari maupun berkala yang terjadwal.

Dan mereka ini musisi jelata bukan yang kaya, bangsawan, populer,dsb ( Kamus Besar Bahasa Indonesia Online ). Tukang musik mengistilahkan kalau jadwal rutin namanya Job Reguler, sedangkan yang tidak rutin namanya Event.

Bak kata pepatah untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak, datanglah Covid-19 beserta anak cucu cicitnya konser di Jakarta tanpa promotor.  Begitu cepat wabah Covid-19 menyebar mengalahkan rekor wabah Om Telolet Om.

Akhirnya Pemprov DKI Jakarta mau tidak mau memutuskan Status Tanggap Darurat selanjutnya PSPB, eh salah, ( jadi inget SMA ) maksudnya PSBB .

Tapi ngomong-ngomong sekarang sudah tidak ada pelajaran PSPB ( Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa ). Padahal itu bagus untuk mengenal pahlawan yang berjuang demi bangsa dan negara. Lha,,,jadi belok yang dibahas,maaf.

Akibat PSBB  ( Pembatasan Sosial Berskala Besar ) hampir semua aktivitas warga dibatasi bahkan tidak diperbolehkan, ya itu bertujuan benar kita tahu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x