Mohon tunggu...
Blog Mahasiswa ideologi
Blog Mahasiswa ideologi Mohon Tunggu... Mahasiswa - The rice ricer and the poor poorer

Mahasiswa ekonomi syariah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Meresensi Buku Ekonomi Pembangunan

16 November 2021   18:40 Diperbarui: 16 November 2021   18:56 54 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


Judul Buku: Ekonomi Pembangunan
Nama Pengarang:Dr.Beni Kurniawan Galih Raspati,SIP,MM
Nama Penerbit :AL FATH ZUMAR Kota sukabumi
 Ketebalan Buku :114
 Jenis Kertas :HVS
Tashun Terbit :2014
ISBN:978-602-7052-2-8

Buku ini disusun  untuk  memberi pengetahuan  tentang dasar-dasar ilmu ekonomi pembangunan  agar berminta dan agar mengetahui tentang ilmu ekonomi pembangunan dan dirancang agar membaca secara mandiri .

Bagian utama atau bagian paling mendasar dari buku ini yang harus dipahami secara konsepsional sebagai awal dalam memepelajari ekonomi pembangun adalah memahami bagaimana membangun ekonomi dalam kehidupan  yaitu prmbangunnan Ekonomi Tradisional dan pembanguan wilayah bagaimana kita membagi dan nmemcapai hal tersebut secara menyeluruh disemua tempat baik dari masayarakat sekitar maupun masyarakat di suatu wilayah.

Buku ini banyak membahas tentang cara-cara sistem ekonomi pembangunan  dan bagaimana cara merealisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat dan berwilayah.Dimulai dari bab pertama yang membahas tentang deskripsi singkat tentang ekonomi pembangunan taitu pengertian dari ekonomi Regional  cabang dari ilmu nekonomi pembangunan.

Bab 2 adalah  membahas tentang Pembangunan Ekonomi Tradisioanal  dan Penbangunan Wilayah,bagaimana cara merealisasikan ekonomi secara tradisional dan secara menyeluruh di suatu wilayah tertentu.

Bab 3 adalah menerangkan bagaimana  pembanguana Ekonomi wilayah dan Globalisasi.

Bab 4 adalah memnerangkan tentang peran pemerintah dalam pembanguan wilayah,fungsi pelayanan dan fungsi pengarahan.

Bab 5 adalah menerangkan tentang  model-model pembanguan ekonomi Regional .yaitu teori Ekonomi Basic,Teori Ekonomi kutub Pertumbuhan,teori pertumbuhan Akumulatif,Teori Lokasi,Teori Damapak Aglomerasi.

Bab 6 adalah menerangkan tentang hambatan Ekonomi di Negara-Negara sedang Berkembang.Yaitu dari faktor Penduduk,Dualisme,Lingkaran Perangkap kemiskinan.

Bab 7 adalah  menerangkan Strategi pembangun Seimbang  yaitu sebagai pembangunan berbagai jenis industri secara berbarengan.

Bab 8 adalah memabvahas Perkembaanagan Ekspor dan impor Indonesia,baik perkembangan struktur Ekspor,Impor dan Neraca perdagangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan