Mohon tunggu...
Syahrial
Syahrial Mohon Tunggu... Guru - Guru Madya

Guru yang masih belajar dari menulis

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Menikmati Long Weekend, Kesempatan Berharga untuk Mengisi Ulang Energi

23 Mei 2024   12:43 Diperbarui: 23 Mei 2024   15:03 505
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi long weekend. (Shutterstock via Kompas.com)

Siapa yang tidak suka liburan? Tentu setiap orang mendambakan momen istimewa untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. 

Bagi para guru dan siswa, liburan menjadi momen yang dinanti-nantikan, terutama ketika dihadapkan pada long weekend akibat cuti bersama. Meskipun singkat, jeda ini memberikan kesempatan berharga untuk mengisi ulang energi dan memulihkan semangat.

Profesi Mengajar: Tantangan yang Tak Terhingga

Bagi para guru, mengajar bukanlah pekerjaan yang mudah. Mereka harus menghadapi tantangan setiap hari, mulai dari menyiapkan materi pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kurikulum, mengajar di kelas dengan beragam karakteristik siswa, mengoreksi pekerjaan siswa yang tak terhitung jumlahnya, hingga menghadapi dinamika kelas yang tak terduga seperti siswa yang kurang tertib atau masalah disiplin lainnya. 

Tekanan dan tuntutan ini dapat menyebabkan stres dan kelelahan mental yang berkepanjangan.


Oleh karena itu, long weekend menjadi angin segar yang memungkinkan para guru untuk beristirahat sejenak dari rutinitas tersebut. Mereka dapat melepaskan diri dari beban pekerjaan dan mengisi ulang energi mereka dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan dan menenangkan pikiran.

Dokumen Love Your Carrier 
Dokumen Love Your Carrier 

Waktu Berkualitas untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Selama long weekend, para guru dapat menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga atau teman-teman terdekat. Mereka dapat melakukan hobi atau aktivitas yang mereka sukai, seperti membaca buku, menonton film, berolahraga, berkebun, atau sekedar bersantai di rumah. 

Momen seperti ini penting untuk memulihkan energi dan meningkatkan kesehatan mental, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada kinerja mereka di kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun