Mohon tunggu...
Syahrial
Syahrial Mohon Tunggu... Guru - Guru Madya

Guru yang masih belajar dari menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

MKKS Belitung Timur Perkuat Kepala Sekolah dalam Observasi PMM

18 Mei 2024   10:23 Diperbarui: 18 Mei 2024   10:42 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumen Pak Sabarudin 

"Semangat belajar dan kolaborasi adalah kunci kesuksesan dalam menghadapi tantangan baru."

Sebagai salah satu pilar utama dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas, sistem pendidikan di Indonesia terus mengalami perkembangan dan pembaruan. Salah satu langkah terbaru yang patut disambut baik adalah penerapan Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai sarana menilai kinerja guru dan kepala sekolah secara nasional pada tahun 2024 ini.

Dengan adanya PMM, penilaian terhadap kinerja tenaga pendidik akan menjadi lebih terstruktur, objektif, dan transparan. Instrumen dan kriteria penilaian yang jelas serta terstandar akan membantu memberikan gambaran yang lebih akurat tentang kualitas pengajaran di sekolah-sekolah. Hal ini tentunya merupakan langkah maju yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Namun, perlu disadari bahwa transisi menuju sistem penilaian baru ini bukanlah perkara mudah. Diperlukan kesiapan dan penyesuaian dari seluruh pemangku kepentingan, terutama para kepala sekolah yang akan menjadi garda terdepan dalam melaksanakan penilaian observasi terhadap kinerja guru di lapangan.


Oleh karena itu, inisiatif yang dilakukan oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Belitung Timur untuk mengadakan kegiatan sosialisasi penilaian observasi pada PMM patut diapresiasi. Dengan membekali para kepala sekolah dengan pemahaman yang mendalam tentang instrumen dan kriteria penilaian baru, mereka akan lebih siap dan percaya diri dalam menerapkan PMM secara efektif.

Peran pengawas sekolah juga sangat krusial dalam proses transisi ini. Sebagai pihak yang telah dilatih terlebih dahulu, pengawas sekolah memiliki tanggung jawab besar untuk membimbing dan memfasilitasi para kepala sekolah agar dapat melaksanakan penilaian observasi dengan baik.

Namun, keberhasilan penerapan PMM tidak hanya bergantung pada kesiapan para kepala sekolah dan pengawas sekolah semata. Diperlukan dukungan dan kolaborasi yang erat dari seluruh elemen masyarakat, termasuk pemerintah, orangtua murid, dan masyarakat luas.

Pemerintah harus terus memastikan bahwa program PMM dijalankan dengan konsisten dan didukung dengan sumber daya yang memadai. Selain itu, keterlibatan aktif orangtua murid dan masyarakat dalam mengawasi dan memberikan masukan juga sangat penting untuk menjaga akuntabilitas dan transparansi sistem penilaian ini.

Dokumen Pak Sabarudin 
Dokumen Pak Sabarudin 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun