Mohon tunggu...
Syahrial
Syahrial Mohon Tunggu... Guru - Guru Madya

Guru yang masih belajar dari menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Peran Kisi-kisi Soal dalam Pendidikan

5 Desember 2023   00:01 Diperbarui: 8 Desember 2023   01:41 735
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi siswa SMP Negeri 18 Palu sedang mengerjakan soal ujian nasional. (Dok Antara Foto/Mohamad Hamzah)

"Belajarlah secara holistik, karena dalam keberagaman materi terletak kebijaksanaan yang sesungguhnya."

Menjelang akhir semester, sorotan terhadap penyampaian kisi-kisi soal ulangan semakin menarik perhatian dalam dunia pendidikan. Diskusi seputar metode ini menjadi perdebatan hangat di antara para pendidik. 

Sebagian melihatnya sebagai alat yang bermanfaat, sementara pandangan lainnya meragukan kegunaannya. Meskipun begitu, perlu diakui bahwa adanya kisi-kisi soal ulangan membawa sejumlah manfaat yang signifikan bagi proses pembelajaran.

Keberadaan kisi-kisi soal ulangan telah menjadi topik hangat yang sering kali memicu perdebatan di kalangan pendidik jelang akhir semester. 

Pendapat bervariasi; ada yang melihatnya sebagai pendekatan yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, sementara yang lain masih meragukan efektivitasnya. 

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kisi-kisi soal ulangan memiliki potensi besar dalam memberikan manfaat yang tak dapat diabaikan bagi siswa dan para pendidik.

Kisi-kisi soal ulangan mampu membantu siswa mempersiapkan diri secara lebih efektif untuk menghadapi sumatif. Dengan memiliki gambaran yang jelas tentang materi yang akan diujikan, siswa dapat lebih fokus dalam mempelajari materi tersebut. 

Ini bukan sekadar hafalan, melainkan juga pemahaman yang lebih dalam. Hasilnya, pemahaman siswa terhadap materi pelajaran akan meningkat secara signifikan.

Penyampaian kisi-kisi soal ulangan tidak hanya berdampak pada siswa, tetapi juga membawa implikasi penting terhadap aspek keadilan dan transparansi dalam proses penilaian. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun