Mohon tunggu...
Syahrial
Syahrial Mohon Tunggu... Guru - Guru Madya

Guru yang masih belajar dari menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Revitalisasi Nilai Akademik: Strategi Terukur di Ujung Semester

1 Desember 2023   00:01 Diperbarui: 1 Desember 2023   07:01 496
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menyambut PTM 100 persen (DOK. TANOTO FOUNDATION via kompas.com)

"Dalam setiap kesalahan terdapat pelajaran berharga yang membawa kita menuju keberhasilan yang lebih besar."

Menjelang Sumatif Akhir Semester, permintaan siswa untuk melakukan perbaikan nilai semakin meningkat. Berbagai faktor memengaruhi kondisi ini, termasuk kesulitan dalam pembelajaran, kurangnya disiplin dalam mengerjakan tugas, dan kesalahan dalam ujian. Namun, solusi untuk meningkatkan nilai tidak terbatas pada tindakan langsung saja, tetapi juga melibatkan pendekatan dan strategi tertentu.

Faktor yang Mempengaruhi Perbaikan Nilai

Kegagalan dalam menyesuaikan diri dengan proses pembelajaran di kelas merupakan tantangan utama bagi sebagian siswa. Beberapa faktor dapat mendasari ketidakmampuan ini, termasuk kurangnya pemahaman terhadap materi pelajaran yang disampaikan, kesulitan dalam memahami penjelasan yang diberikan oleh guru, atau bahkan ketidakhadiran yang terjadi dengan frekuensi yang cukup signifikan. 

Sebagian siswa mungkin menghadapi kendala memahami materi secara mendalam atau kesulitan untuk mengikuti alur pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kelas.

Pada beberapa kasus, kurangnya interaksi langsung dengan materi atau pendekatan pengajaran yang tidak selaras dengan gaya belajar siswa juga dapat memperburuk situasi ini. 

Terkadang, kecepatan penyampaian materi oleh guru tidak selalu sesuai dengan kecepatan pemahaman siswa, yang menyebabkan kesenjangan pengetahuan dan kebingungan dalam memahami topik tertentu. 

Hal ini menggambarkan betapa pentingnya adaptasi dari pendekatan pengajaran yang dapat menjangkau berbagai jenis gaya belajar siswa agar mereka dapat memahami materi secara lebih baik dan efisien.

Dokumen smadwiwarna.sch.id
Dokumen smadwiwarna.sch.id

Kurangnya disiplin dalam menyelesaikan tugas merupakan aspek krusial yang turut berperan dalam merosotnya nilai siswa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun