Mohon tunggu...
Syahrial
Syahrial Mohon Tunggu... Guru - Guru Madya

Guru yang masih belajar dari menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kurikulum Merdeka: Mengapa Alternatif Soal Layak Jadi Pilihan Utama di SAS?

11 November 2023   05:18 Diperbarui: 11 November 2023   05:23 386
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Setiap pertanyaan adalah kesempatan untuk melatih pikiran siswa, menjembatani pemahaman, dan membuka pintu menuju dunia pengetahuan yang lebih luas."

Sumatif Akhir Semester (SAS) merupakan momen penting dalam mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan selama satu semester. Dalam hal ini, keberagaman bentuk soal dapat menjadi kunci untuk menggali potensi siswa secara lebih holistik.

Soal pilihan ganda memang telah menjadi pilihan utama selama bertahun-tahun. Namun, seiring perkembangan kurikulum merdeka, guru perlu mengakui kelemahan-kelemahan inherent dari jenis soal ini. Kelemahan ini meliputi fokus yang terlalu pada kemampuan mengingat, kurangnya stimulasi untuk berpikir kritis, dan terkadang terasa monoton.

# Soal Benar-Salah: Menilai Pemahaman Faktual

Soal benar-salah menjadi pilihan alternatif yang menarik dalam proses evaluasi siswa. Bentuk soal ini memaksa siswa untuk tidak hanya sekadar mengingat informasi, tetapi juga memahami konsep atau fakta secara lebih mendalam. 

Dengan menyajikan pernyataan yang mungkin rumit atau kontroversial, guru dapat menciptakan situasi di mana siswa perlu merenung dan menggali esensi dari materi tersebut. 

Hal ini tidak hanya mengukur pemahaman mereka, tetapi juga melatih keterampilan analisis dan interpretasi, membantu membentuk pemikiran kritis siswa seiring dengan perkembangan kurikulum merdeka.

# Soal Menjodohkan: Hubungan Antar Konsep

Soal menjodohkan, dengan format dua kolom yang memuat istilah atau pernyataan di kolom pertama dan penjelasan atau jawaban di kolom kedua, membuka pintu untuk mendalaminya pemahaman siswa terhadap hubungan antar konsep. Dalam menghadapi soal semacam ini, siswa tidak hanya diuji pada kemampuan mengenali informasi, tetapi juga harus mampu mengaitkan secara cerdas antara konsep-konsep tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun