Mohon tunggu...
Syahrial
Syahrial Mohon Tunggu... Guru - Guru Madya

Guru yang masih belajar dari menulis

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Kesetaraan PNS dan PPPK

3 Oktober 2023   05:40 Diperbarui: 3 Oktober 2023   08:41 718
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumen Republika.co.id

"Penghargaan terhadap semua ASN, baik PNS maupun PPPK, adalah cerminan dari penghargaan kita terhadap pelayanan publik yang tak ternilai."

Hari ini, 3 Oktober 2023, adalah hari bersejarah di mana Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan meresmikan Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN). Salah satu isu sentral dalam RUU ASN adalah kesetaraan hak dan kewajiban antara Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Mari kita bahas mengenai pentingnya kesetaraan ini, terutama dalam hal penghasilan, fasilitas, dan tunjangan yang diberikan kepada keduanya.

PNS dan PPPK: ASN dengan Hak dan Kewajiban yang Setara

Ketika kita bicara tentang PNS dan PPPK, kita sebenarnya berbicara tentang dua kelompok besar pekerja pemerintah. PNS adalah mereka yang menjadi bagian dari sistem aparatur sipil negara melalui proses seleksi yang ketat dan memiliki status sebagai pegawai negeri. 

Di sisi lain, PPPK adalah pegawai pemerintah yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja dengan pemerintah dan memiliki tugas-tugas yang penting dalam pelayanan publik.

RUU ASN yang akan diresmikan hari ini sangat penting karena akan mengatur hak dan kewajiban kedua kelompok ini secara lebih tegas. Salah satu isu yang muncul adalah kesetaraan dalam hal penghasilan, fasilitas, dan tunjangan. Mengapa ini menjadi masalah yang penting? Mari kita bahas satu per satu.

Penghasilan: Memastikan Keadilan dalam Upah

Penghasilan adalah salah satu hal yang paling menonjol ketika berbicara tentang pekerjaan. Semua orang bekerja untuk mencari nafkah, memberi makan keluarga, dan mencapai kehidupan yang lebih baik. Oleh karena itu, penting bahwa PNS dan PPPK, sebagai ASN yang memberikan pelayanan penting kepada masyarakat, memiliki penghasilan yang setara.

Dalam RUU ASN, perlu ditekankan bahwa kedua kelompok ini memiliki hak yang sama untuk mendapatkan penghasilan yang layak. Ini berarti bahwa besarnya gaji atau upah harus mencerminkan nilai pekerjaan dan kontribusi yang diberikan oleh PNS dan PPPK. Ini bukan hanya tentang jumlah uang yang diterima, tetapi juga tentang menghargai pekerjaan yang mereka lakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun