Mohon tunggu...
Syahrial
Syahrial Mohon Tunggu... Guru - Guru Madya

Guru yang masih belajar dari menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menghafal Presentasi Ilmiah: Keunggulan atau Batasan dalam Pembelajaran?

26 Mei 2023   13:42 Diperbarui: 26 Mei 2023   13:46 390
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan presentasi di depan kelas. Sumber foto: dokumen pribadi 

"Belajarlah bukan hanya untuk mengingat, tapi untuk mengerti. Bukan hanya untuk lulus, tapi untuk berkembang." 

Di dunia pendidikan, menghafal presentasi ilmiah seringkali menjadi topik yang kontroversial. Beberapa orang berpendapat bahwa menghafal presentasi adalah cara yang efektif untuk menghasilkan siswa yang percaya diri dan mampu berkomunikasi dengan baik. 

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa menghafal presentasi dapat membatasi pemahaman siswa terhadap materi dan mengabaikan kemampuan berpikir kritis. Dalam tulisan ini, kita akan membahas secara mendalam tentang faedah dan batasan menghafal presentasi ilmiah, serta mencoba memahami pandangan yang berbeda dalam konteks pembelajaran.

Kepercayaan Diri dalam Berkomunikasi


Salah satu faedah utama menghafal presentasi ilmiah adalah peningkatan kepercayaan diri siswa dalam berkomunikasi. Dengan menghapal presentasi mereka, siswa dapat merasa lebih siap dan yakin ketika harus menyampaikan materi di depan kelas atau audiens. Mereka tahu bahwa mereka memiliki pengetahuan yang cukup dan dapat mengungkapkannya secara jelas dan lancar. Kepercayaan diri yang tinggi ini sangat berharga dalam kehidupan sehari-hari dan juga dapat berdampak positif dalam karir mereka di masa depan.

Penguasaan Materi yang Lebih Mendalam

Menghafal presentasi ilmiah memungkinkan siswa untuk benar-benar memahami dan menguasai materi yang akan mereka sampaikan. Proses mengulang-ulang dan mengingat kembali isi presentasi memperdalam pemahaman mereka tentang topik tersebut. Siswa harus memahami konsep-konsep yang mendasari dan menyusunnya ke dalam urutan yang logis. Ini membantu siswa menginternalisasi pengetahuan dan memperkuat fondasi mereka dalam subjek yang sedang dipelajari. Dalam jangka panjang, penguasaan materi yang mendalam ini akan menjadi dasar yang kuat untuk pembelajaran selanjutnya.

Komunikasi yang Efektif

Menghafal presentasi juga berkontribusi pada pengembangan kemampuan komunikasi siswa. Dengan menguasai materi, siswa dapat fokus pada cara mereka menyampaikan materi dan berinteraksi dengan audiens. Mereka tidak perlu khawatir tentang lupa atau kehilangan alur presentasi, sehingga dapat memberikan penjelasan yang lebih lancar dan terstruktur. Proses menghafal juga memungkinkan siswa untuk mempertimbangkan kata-kata yang tepat dan strategi penyampaian yang efektif. Kemampuan berkomunikasi yang baik sangat penting dalam berbagai bidang kehidupan, baik itu dalam lingkungan akademik, profesional, maupun sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun