Mohon tunggu...
Syahrani
Syahrani Mohon Tunggu... Wiraswasta - Baiknya segera memulai. Berhenti berandai-andai.

Kelahiran Banjarmasin, penyuka traveling, nonton dan aktif menulis di media sosial dengan tema pengembangan diri.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Beradaptasi Atau Punah

30 November 2021   06:28 Diperbarui: 30 November 2021   06:31 89 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Tidak ingin seperti dinosaurus khan ? yang punah karena gagal beradaptasi atau seperti Nokia yang disebut-sebut terlambat beradaptasi terhadap teknologi android. Padahal kita semua tau, Nokia adalah rajanya hp di waktu itu. Nah, beda dengan komodo. Komodo, merupakan hewan purba, namun masih eksis sampai sekarang, karena mereka beradaptasi dengan alam dengan makanannya.

- Air Asia jualan kambing

- Qantas Airways jualan biskuit dan teh

- Thai Airways jualan gorengan

- Roll Royce jualan madu

- David Beckham ternak lebah

- Pizza Hut, KFC dan Ta Wan buka lapak menawarkan menu langsung ke konsumen

Pernah saya bahas, resiko bisnis bisa terjadi dimana saja bahkan di perusahaan raksasa dengan ribuan karyawan sekalipun. Kita yang baru memulai, ataupun baru punya beberapa karyawan, tentu resikonya tidak sebesar mereka. Namun kita bisa mengambil ilmu dari mereka, bahwa untuk tetap bertahan, yang harus kita lakukan adalah ADAPTASI. Kita harus bisa menyesuaikan dengan keadaan. Jeli membaca peluang.

Lakukan apa yang bisa dilakukan. Jualan saja, karena jualan itu 9 dari 10 pintu rezeki. Nah 1 pintunya kemana? Ya berarti dari bidang lainnya yang banyak diperebutkan orang lain.

Memang tidak gampang, tapi bukan juga hal yang mustahil, melakukan adaptasi usaha di tengah pandemi seperti ini. Namun, disitulah tantangannya, karena tidak ada yang pernah sukses tanpa proses. Terus mencoba, gagal, evaluasi, coba lagi, gagal lagi, evaluasi lagi, coba lagi dan seterusnya. Habiskan jatah gagal kita.

Kalau saat ini bisnis kita sedang lesu, padahal sudah melakukan evaluasi dan memperbaiki diri, mungkin sebaiknya beradaptasi. Anda harus berani mengambil langkah besar. Mencoba bisnis baru. Bisa membuka usaha sendiri, jualan atau menjualkan, ataupun bekerjasama. Isunya Telkom juga sedang melakukan penjajakan kerjasama dengan GO-jek, mereka juga beradaptasi.

 Yang penting, satu hal. JANGAN GENGSI.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan