Mohon tunggu...
Syahiduz Zaman
Syahiduz Zaman Mohon Tunggu... Dosen - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Penyuka permainan bahasa, logika dan berpikir lateral, seorang dosen dan peneliti, pemerhati masalah-masalah pendidikan, juga pengamat politik.

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Meningkatkan Efisiensi Kerja Melalui Aktivitas Setelah Sahur

13 Maret 2024   05:00 Diperbarui: 13 Maret 2024   05:04 337
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi aktivitas setelah sahur. (Freepik/nikitabuida)

“Berlomba-lombalah dalam kebaikan.” (QS. Al Baqarah: 148)

“Bersegeralah melakukan amalan saleh sebelum datang fitnah (musibah) seperti potongan malam yang gelap. Yaitu seseorang pada waktu pagi dalam keadaan beriman dan di sore hari dalam keadaan kafir. Ada pula yang sore hari dalam keadaan beriman dan di pagi hari dalam keadaan kafir. Ia menjual agamanya karena sedikit dari keuntungan dunia” (HR. Muslim).

Dua dalil di atas dapat menjadi landasan mengapa kegiatan aktivitas setelah sahur, atau setelah subuh di luar Ramadan, merupakan kegiatan yang sangat membantu dan penting dalam memulai hari.

Dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa, memanfaatkan waktu setelah sahur menjadi kunci utama untuk meningkatkan efisiensi kerja. 

Sebagaimana ditekankan dalam Alquran surah Al-Baqarah ayat 183, "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," puasa diajarkan tidak hanya sebagai ritual spiritual tapi juga sebagai sarana untuk mengasah disiplin dan ketakwaan diri yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.

Mengawali hari dengan aktivitas positif setelah sahur, seperti berzikir, membaca Alquran, atau berolahraga ringan, tidak hanya bermanfaat secara spiritual tetapi juga mempersiapkan tubuh dan pikiran untuk hari yang produktif. 

Hadis Nabi Muhammad SAW menyatakan, "Bersegeralah melakukan kebaikan sebelum kalian dikejutkan oleh tujuh hal..." (HR. Tirmidzi). 

Dalam konteks ini, memanfaatkan waktu setelah sahur untuk melakukan kegiatan yang memperkuat fisik dan mental sejalan dengan anjuran untuk bersegera dalam kebaikan, termasuk dalam aspek kerja dan produktivitas.

Kegiatan setelah sahur, jika direncanakan dengan baik, dapat menjadi momentum untuk menata harapan dan tujuan hari itu dengan jelas. 

Dengan demikian, tidak hanya efisiensi kerja yang meningkat, tapi juga kualitas ibadah puasa, karena seluruh aktivitas dilandasi niat yang baik dan kesadaran untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Strategi Meningkatkan Efisiensi Kerja Melalui Aktivitas Setelah Sahur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun