Mohon tunggu...
Syahiduz Zaman
Syahiduz Zaman Mohon Tunggu... Dosen - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Penyuka permainan bahasa, logika dan berpikir lateral, seorang dosen dan peneliti, juga pengamat politik.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Pendidikan Tinggi, Pendorong Transformasi Sosial

14 Februari 2024   08:00 Diperbarui: 15 Februari 2024   09:30 584
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi pendidikan tinggi sebagai pendorong transformasi sosial. (Freepik.com)

Artikel "The Societal Consequences of Higher Education" oleh Schofer et al. (2021) mengeksplorasi peran pendidikan tinggi dalam membentuk masyarakat modern. 

Di awal abad ke-20, hanya sebagian kecil populasi global yang mengakses pendidikan tinggi. 

Namun, abad ini menyaksikan ekspansi pendidikan tinggi yang signifikan secara global, mengubahnya menjadi bagian dari jalur kehidupan yang umum di negara-negara maju dengan rasio pendaftaran tertinggi melebihi 90% di beberapa negara. 

Artikel ini menekankan bahwa ekspansi pendidikan tinggi tidak hanya menghasilkan populasi yang terdidik secara universal tetapi juga membawa transformasi sosial, politik, dan ekonomi yang signifikan. 

Dengan menggunakan model regresi panel dari data lintas negara kontemporer, penelitian ini menguji hubungan antara pendaftaran pendidikan tinggi dan dimensi penting dari rasionalisasi, globalisasi, mobilisasi sosial, dan ekspansi ekonomi layanan. 

Artikel ini menyajikan argumen bahwa banyak fitur dari dunia kontemporer, termasuk profesionalisasi, integrasi global, dan mobilisasi masyarakat, berkaitan erat dengan prevalensi pendidikan tinggi. Ini menggarisbawahi peran pendidikan tinggi dalam membentuk norma-norma global, identitas, dan kegiatan ekonomi, serta dalam mendorong perubahan sosial dan politik.

***

Artikel ini secara mendalam membahas dampak pendidikan tinggi terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. 

Para penulis meneliti pengaruh pendidikan tinggi dalam memajukan rasionalisasi proses sosial dan institusi, menunjukkan bahwa peningkatan akses terhadap pendidikan tinggi berhubungan dengan peningkatan efisiensi, profesionalisme, dan standarisasi dalam administrasi publik dan bisnis. 

Artikel ini juga mengeksplorasi bagaimana pendidikan tinggi memperkuat globalisasi, dengan meningkatkan integrasi ekonomi dan kultural antar negara melalui pertukaran pengetahuan dan nilai-nilai global.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun