Mohon tunggu...
Syahiduz Zaman
Syahiduz Zaman Mohon Tunggu... Dosen - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Penyuka permainan bahasa, logika dan berpikir lateral, seorang dosen dan peneliti, pemerhati masalah-masalah pendidikan, juga pengamat politik.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Memperluas Tri Dharma Perguruan Tinggi

28 Januari 2024   22:55 Diperbarui: 30 Januari 2024   12:20 218
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tri dharma perguruan tinggi. (Sumber gambar: Freepik.com)

Saya menilai adaptasi dan evolusi sistem pendidikan tinggi merupakan kunci untuk menjawab tantangan saat ini dan masa depan. Dalam konteks ini, saya mengusulkan pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi menjadi Panca Dharma Perguruan Tinggi. 

Arti penting dari perubahan ini terletak pada kemampuannya untuk menjamin bahwa institusi pendidikan tinggi tidak hanya berkembang menjadi arena transmisi informasi, tetapi juga menjadi pusat ide-ide inovatif, kerja sama dunia, dan keterlibatan dengan masyarakat.

Inovasi dan Perkembangan Teknologi

Pertama, perluasan Tri Dharma menjadi Panca Dharma akan lebih menekankan pentingnya inovasi dan pengembangan teknologi. Di era digital dan revolusi industri 4.0, perguruan tinggi harus menjadi pionir dalam penciptaan dan penerapan teknologi baru. 

Dharma ini akan mendorong dosen dan peneliti untuk tidak hanya fokus pada teori, tetapi juga praktik mengembangkan teknologi yang dapat diterapkan untuk memecahkan permasalahan nyata. 

Pendidikan tinggi diperlukan untuk menyesuaikan diri dengan cepatnya transformasi teknologi dan pasar tenaga kerja, membekali lulusannya dengan kemampuan untuk mengambil peran kepemimpinan dan mempelopori inisiatif inventif dalam masyarakat global yang semakin didorong oleh teknologi.

Selain itu, penambahan dharma mengenai inovasi dan pengembangan teknologi akan memperluas kapasitas perguruan tinggi dalam berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi dan sosial. 

Melalui penggabungan penelitian dan kemajuan teknologi dalam kerangka kurikulum dan upaya akademis, perguruan tinggi memiliki kapasitas untuk mengambil posisi yang lebih menonjol dalam bidang inovasi industri. 

Hal ini pada gilirannya memungkinkan mereka untuk merangsang ekspansi ekonomi dan meningkatkan daya saing nasional.

Kolaborasi Global dan Keterlibatan Komunitas

Di era globalisasi saat ini, penting bagi perguruan tinggi untuk tidak hanya fokus pada kebutuhan lokal, namun juga menjangkau dan berkolaborasi dengan institusi perguruan tinggi global untuk bertukar ilmu dan sumber daya. 

Hal ini tidak hanya meningkatkan kerja sama skolastik tetapi juga membekali para dosen dan peneliti di perguruan tinggi untuk berjuang dan memberikan dampak yang berarti di tingkat dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun