Mohon tunggu...
M Sahid Sundana
M Sahid Sundana Mohon Tunggu... -

Masih belajar jadi pembelajar.\r\nMasih ngangsu ilmu di Universitas Negeri Jakarta. Putra Jawa asal Lampung.\r\nSenang berbagi hal-hal yang bermanfaat.\r\nhttp://syahidsundana.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Carilah Hatimu di 3 Tempat

22 Oktober 2011   22:19 Diperbarui: 26 Juni 2015   00:37 738 0 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Suatu ketika datanglah seseorang kepada sahabat Rasulullah yang bernama Ibnu Mas’ud ra. untuk meminta nasehat. Orang ini berkata:

“Wahai Ibnu Mas’ud, berilah nasehat yang dapat kujadikan obat bagi jiwaku yg sedang gelisah. Dalam beberapa hari ini, aku merasa tidak tenteram, jiwaku gelisah dan fikiranku kusut; makan tak enak, tidur tak nyenyak.”

Maka Ibnu Mas’ud berkata:

“Kalau penyakit itu menimpamu, maka bawalah hatimu mengunjungi tiga tempat. Yaitu ke tempat orang yg membaca Al Qur’an, engkau membaca Al Qur’an atau engkau dengar baik-baik orang yg membacanya; atau engkau pergi ke majelis(pertemuan) yg mengingatkan hati kepada Allah; atau engkau cari waktu dan tempat yang sunyi, di sana engkau berkhalwat menyembah Allah, umpama di waktu tengah malam buta, di saat orang sedang tidur nyenyak, engkau bangun mengerjakan shalat malam, meminta dan memohon kepada Allah ketenangan jiwa, ketentraman fikiran dan kemurnian hati. Seandainya jiwamu belum juga terobati dengan cara ini, engkau minta kepada Allah, agar diberi-Nya hati yg lain, sebab hati yang kau pakai itu, bukan lagi hatimu.”

(dikutip dari ceramah Ustadz Abu Usamah Hafizhahullah, 22 Maret 2011, Masjid Nurul Irfan UNJ)

re-post: http://www.syahidunj.co.cc/2011/03/carilah-hatimu-di-3-tempat.html

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan