Mohon tunggu...
Syahidin Al Hakim
Syahidin Al Hakim Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa/KKN

Saya adalah mahasiswa yang gemar dengan menulis, dan ingin mengupdate tulisan saya ke publik sebagai refrensi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Tematik Lingkar Kampus Undip Tembalang Berhasil Mengedukasi Siswa SD tentang Membuang Sampah

30 November 2022   20:04 Diperbarui: 30 November 2022   20:10 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semarang. - Mahasiswa KKN Tematik Lingkar Kampus Undip Tembalang berhasil mengedukasi Siswa SDN Tembalang, Semarang Jawa tengah dalam memperkenalkan konsep kepedulian lingkungan terutama tentang pengelolaan sampah di Sekolah SDN Tembalang, Kecamatan Tembalang, Semarang, Jawa Tengah (22/11). 

Diketahui bahwa sampah merupakan sebuah momok yang sering menjadi persoalan didalam lingkungan masyarakat, terutama berkaitan dengan penyalahgunaan kebersihan. Sebab sampah dinilai dapat menimbulkan pecemaran dan kondisi lingkungan yang tidak sehat. Dengan demikian pemberantasan sampah harus dilakukan. 

Pada kegaitan sosialisasi yang berlangsung di SDN Temabalang tersebut, siswa -- siswi sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi, terutama dalam mengajarkan konsep pengenalan sampah 3 R (Reuse, recyle, dan reduse). Pada kegiatan ini anak -- anak diajak untuk melakukan kerjainan tangan yang terbuat dari barang -- barang bekas seperti botol minuman bekas, dan barang -- barang yang sudah tidak terpakai lagi. 

Selanjutnya Mahasiswa KKN Tematik Lingkar Kampus Undip Temabalang melakukan konsep pengenalan bank sampah "An-organik, organik, dan B3". Konsep tersebut digunakan dalam melakukan pilah -- pilih sampah, sehingga sampah yang bertaburan dapat dipilah sesuai dengan jenis sampah tersebut. 

Adapun yang menjadi tujuan dari kegiatan ini adalah mengajak siswa -- siswi sekolah dasar untuk sedari dini menanamkan nilai kebersihan, dan dapat mendukung kesehatan. Sehingga proses belajar mengajar dapat terjalan. 

Kedatangan Mahasiswa KKN Tematik Lingkar Kampus Undip Tembalang direspon baik oleh kepala sekolah SDN Tembalang Hadi Wagiman. 

Dalam kesempatan tersebut, beliau berpesan kepada adik -- adik Mahasiswa KKN Tematik Lingkar Kampus Undip Tembalang, untuk terus mempromosikan program -- program yang menyangkut pengelolaan sampah kepada siswa -- siswi, karena kebersihan yang berhasil harus ditanamkan sejak dini. Ujar Kepala Sekolah SDN Tembalang Hadi Wagiman.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun