Mohon tunggu...
Syaharani Chaerunisa
Syaharani Chaerunisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Unisma Bekasi

Mahasiswa Unisma Bekasi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi Sastra dan Bahasa

Selanjutnya

Tutup

Diary

Resimen Mahasiswa (Menwa) Unisma Bekasi Aktif Melakukan Kegiatan Sosial

8 Desember 2021   10:58 Diperbarui: 8 Desember 2021   11:13 111 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Resimen Mahasiswa atau yang biasa dikenal dengan sebutan Menwa,Resimen Mahasiswa adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta. Menwa juga merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan ilmu militer seperti penggunaan senjata,taktik pertempuran,survival,terjun payung,bela diri,penyamaran,navigasi,dan masih banyak lagi. Anggota menwa di setiap perguruan tinggi membentuk satuan.satuan yang merupakan salah satu bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Beredar nya kasus meninggalnya anggota menwa di salah satu perguruan tinggi,akibat kekerasan saat diklat membuat UKM ini dipandang sebelah mata bahkan sempat di demo untuk menutup UKM tersebut,tidak hanya itu UKM tersebut akhirnya di berhentikan sementara oleh pihak kampus selama kasus itu berjalan. Tapi Menwa Unisma Bekasi membuktikan dengan postingan-postingan nya di akun media sosial nya,bahwa mereka aktif melakukan kegiatan sosial. Selain berkegiatan sosial mereka juga sering di undang sekolah-sekolah untuk memberikan pelatihan disana.

Menwa Unisma Bekasi juga seringkali membuat penggalangan dana untuk para korban bencana alam seperti Tsunami di banten,bencana gempa di lombok dan masih banyak lagi. Bahkan mereka juga menjadi relawan disana untuk turut serta membatu para korban dan membagikan sembako nya secara langsung. Awal Covid terjadi,Menwa Unisma juga melakukan baksos di beberapa lokasi untuk membagikan masker dan juga hand sanitizer,karena pada saat itu masih banyak masyarakat yang belu menggunakan masker.

Selain aktif berkegiatan sosial,Menwa Unisma Bekasijuga sudah banyak mendapatkan prestasi-prestasi kejuaran,serta mereka juga sering menghadiri acara-acara penting seperti pembukaan pembangunan desa,penutupan Ekspedisi NKRI ,menghadiri penutupan pelatihan resimen dan masih banyak lagi acara-acara yang mereka sudah datangi.

Menwa Unisma Bekasi juga melaksanakan diklat tetapi masih bersifat manusiawi atau tidak adanya tindak kekerasan disana,walaupun ada nya bentakan itu hanya sekedar omongan supaya mental para anggota nya tidak lemah. dan disana dilatih juga fisik mereka supaya kuat dan tangkas,kalaupun ada anggotanya yang sakit atau merasa tidak kuat,para senior nya tidak akan memaksakan dan menyuruh untuk beristirahat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan