Edukasi

Strategi Tepat dalam Konseling

31 Oktober 2018   23:47 Diperbarui: 1 November 2018   00:53 113 0 0

Jumpa lagi dengan saya syafri penulis ganteng idaman, hehehe, baiklah setelah kemarin saya telah membahas tentang komponen layanan bimbingan konseling. Hari ini saya akan menulis kembali tentang strategi yang efektif di dalam bimbingan dan konseling.

Berbicara tentang strategi, kata ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, apalagi di dalam dunia sepak bola, dimana ketika ada team yang berhasil memenangkan pertandingan pasti disitu terdapat strategi yang bagus dan ciamik yang digunakan oleh team tertentu, tidak hanya di dunia sepak bola, di dunia konseling juga harus mempunyai strategi untuk bisa digunakan dalam memberikan solusi kepada konseli.

Di dalam konseling terdapat beberapa komponen layanan, seperti yang sudah di jelaskan pada artikel minggu lalu. Disetiap komponen tersebut terdapat strategi yang dapat digunakan untuk kegiatan konsultasi. Pada layanan dasar, strategi yang digunakan yaitu berupa pendekatan dan pengumpulan data, sehingga seorang konselor, dapat melihat gambaran masalah apa yang terjadi pada konseli.

Setelah mendapatkan data yang akurat, seorang konselor kemudian melakukan sebuah pelayanan berupa dialog yang dilakukan antara konselor dan konseli untuk dapat memberikan respon terhadap si konseli yang memiliki masalah. Dengan demikian si konselor bisa memberikan solusi atas apa yang dipermasalahkan oleh si konseli.

Dengan adanya Strategi ini kegiatan konseling akan menjadi efektif dan berjalan dengan baik. Demikian artikel ini, dan nantikan artikel selanjutnya.