Mohon tunggu...
FocusIELTS
FocusIELTS Mohon Tunggu... Guru - IELTS Preparation Online Privat dengan hasil 7.0 - 8.5

Membantu Persiapan IELTS dengan target 7.0 keatas untuk persiapan kuliah di luar negeri. Achieve your target at the FIRST ATTEMPT. Do not let IELTS become your weakness, instead let it be your ticket to future success. Kelas Privat dengan Tutor Lulusan Master of TESOL , Master of Education dari Australia , UK, USA , tutor lokal memilki band 7.5 keatas dengan pengalaman 5 tahu lebih. IELTS tidak sesulit yang Anda bayangkan!

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

IELTS atau TOEFL? Pilih yang Mana?

15 Oktober 2022   18:28 Diperbarui: 15 Oktober 2022   18:32 214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Ketika memutuskan untuk belajar di luar negeri, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Salah satu yang paling penting adalah tes kecakapan bahasa Inggris mana yang harus diambil. Ada dua pilihan utama dalam hal tes: IELTS dan TOEFL iBT. 

Keduanya diterima secara luas oleh universitas di seluruh dunia, tetapi mana yang tepat untuk Anda? Dalam posting blog ini, kita akan mengeksplorasi perbedaan antara IELTS dan TOEFL iBT. Kami akan membahas format, konten, penilaian, dan biaya setiap tes sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang mana yang akan diambil.

IELTS vs TOEFL: Mana yang Lebih Baik?

Dengan asumsi Anda bertanya tentang IELTS vs TOEFL untuk keperluan masuk ke program universitas, jawabannya mungkin tergantung pada institusi tempat Anda melamar. Beberapa institusi mungkin memerlukan satu tes atau yang lain, jadi yang terbaik adalah selalu menghubungi kantor penerimaan sekolah pilihan Anda. Yang mengatakan, secara umum, sebagian besar sekolah akan menerima salah satu tes untuk kemahiran bahasa Inggris.

IELTS dan TOEFL keduanya dirancang untuk menguji kemahiran bahasa Inggris, tetapi mereka melakukannya dengan cara yang berbeda. IELTS lebih berfokus pada British English sedangkan TOEFL lebih menekankan pada American English.

IELTS juga merupakan tes yang lebih panjang - terdiri dari dua bagian menulis, dua bagian membaca, dan satu bagian berbicara dan mendengarkan. TOEFL lebih pendek, dengan hanya satu bagian menulis, satu bagian membaca, dan satu bagian berbicara dan mendengarkan.


Perbedaan utama lainnya antara IELTS dan TOEFL adalah bahwa IELTS adalah tes berbasis kertas sedangkan TOEFL adalah tes berbasis internet (iBT). Ini berarti bahwa IELTS harus diambil secara langsung di pusat pengujian resmi, sedangkan TOEFL dapat diambil secara online dari mana saja di dunia.

Jadi tes mana yang harus Anda ambil? Pada akhirnya, itu tergantung pada tujuan dan preferensi Anda. Jika Anda ingin belajar di sekolah yang mengharuskan atau lebih menyukai satu tes daripada yang lain, maka Anda harus mengikuti tes itu.


IELTS: Overview 

IELTS dan TOEFL iBT keduanya merupakan ujian yang digunakan untuk menilai kemampuan bahasa Inggris untuk masuk universitas. Tapi apa perbedaan antara keduanya?

IELTS, atau Sistem Pengujian Bahasa Inggris Internasional, dikelola oleh British Council, IDP: IELTS Australia dan Cambridge Assessment English. Ini diterima oleh lebih dari 10.000 universitas dan organisasi di seluruh dunia sebagai ukuran kemahiran bahasa Inggris.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun