Mohon tunggu...
Alwi Swandi
Alwi Swandi Mohon Tunggu... Menemukan realitas sosial

Mengungkap fakta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Memastikan Kesiapan Ujian (US) (UN) (UKK) Kacab Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Lakukan Monitoring ke Seluruh SMA/SMK di Kabupaten Buru

6 Maret 2020   08:57 Diperbarui: 6 Maret 2020   09:00 7 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memastikan Kesiapan Ujian (US) (UN) (UKK) Kacab Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Lakukan Monitoring ke Seluruh SMA/SMK di Kabupaten Buru
Dok. pribadi

Kesiapan ujian Sekolah pada tingkat SMA/SMK tanggal 1 Maret 2020 telah siap di laksanakan oleh Sekolah , untuk memastikan kesiapan tersebut, langka koordinasi di lakukan oleh Dinas Cabang Pendidikan Provinsi Maluku di Kabupaten Buru dengan monitoring langsung ke sekolah sekolah.

Kepala Cabang Ibrahim Sukunora saat di temui disela sela kunjungannya menyampaikan optimismenya terhadap pelaksanaan ujian sekolah tahun ini, terlihat dari kesiapan yang ada, kita optimis insha Allah kegiatan ujian sekolah ini dapat berjalan baik.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Ujian tahun ini sedikit ada perbedaan dengan tahun sebelumnya sehingga , kita tentu bukan saja melakukan persiapan terhadap  Ujian Sekolah (US), namun juga Ujian Nasional (UN), dan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) tahun tahun pelajaran 2019/2020 yang akan dilaksanakan pertengahan Maret hingga awal April 2020.

Seperti Saya sampaikan tadi kepada pihak sekolah bahwa Kedepanya nanti ada beberapa hal penting terkait UN dan USBN yang diatur melalui Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian," , di antaranya, bentuk Ujian yang diselenggarakan oleh sekolah berupa portofolio, penugasan, tes tertulis, atau bentuk kegiatan lain yang ditetapkan satuan pendidikan sesuai dengan kompetensi yang diukur berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.


Jadi mengacu Permendikbud tadi, sudah ada tidak lagi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Yang ada Ujian Sekolah (US), dan seluruh penilaian sepenuhnya diserahkan kepada sekolah masing-masing," ujar ibrahim

Meski demikian,  Tidak sepenuhnya diserahkan sekolah, tetapi tetap ada pengawasan. Sebab nantinya soal ujian masih akan menggunakan soal HOTS (higher order thinking skills).


Dok. pribadi
Dok. pribadi
Sukunora menilai, dengan adanya kebijakan baru dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, tingkat stress siswa berkurang, tanpa mengurangi kualitas ujian.

Ini bagus buat psikologis peserta didik, ungkapnya.

Kadis Cabang juga mengimbau seluruh kepala sekolah di Kabupaten Buru  untuk merumuskan dan mempersiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin bagi peserta didik.

"Meskipun ini Ujian Nasional terakhir di tahun 2020 tetap saja sekolah harus melakukan persiapan yang matang. Sebab kualitas guru dalam mengajar akan terlihat saat hasil ujian diumumkan, tutupnya

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x