Pada sebelum era digital, belum ada jabatan atau profesi sebagai Digital Marketing.
Profesi baru ini langsung melejit, bisa menjadi karyawan sebuah perusahaan mauoun untuk bekerja sendiri.
Pekerjaan intinya adalah memasarkan produk / jasa yang kita pasarkan, agar diminati calon pelanggan. Jadi konsepnya mirip dengan promosi di masa lalu, hanya yang sekarang memanfaarkan kelebihan digital. Bisa melalui situs web maupun media sosial (Facebook, You Tube, Istagram atau Tik Tok).
Dan yang dipasarkan macam-macam produk, dari makanan, pakaian, alat elektronik, hingga properti.
Hal yang perlu diperhatikan saat berpromosi dengan digital adalah:
* Tentukan pasar yang akan kita sasar.
* Kita / perusahaan memiliki profil yang bonafide.
* Harus ada cover photo.
* Menyebutkan profil perusahaan atau pemasar dengan jelas.
* Konsisten mengunggah atau mengupdate konten.
* Mengetahui waktu yang tepat saat mengunggah konten karena pemasar digital sangat banyak. Waktu terbaik adalah saat makan siang dan sore, untuk hari Minggu / libur sebaiknya jam 10 WIB.
* Jangan mengunggah terlalu banyak gambar, maksimum dua gambar. Â Usahakan gambar yang menarik perhatian, misal dibuat bergerak. Dapat dibantu aplikasi Canva atau Picart
* Mengungfah konten maksimum empat kali dalam seminggu.
Apakah isi konten dalam Digital Marketing ?
Kita bisa mengunggah foto, video, cerita, wawancara, artikel, live streaming, bahkan membuat polling.
Guna menambah pengijut (follower) hendakbya kita berinteraksi dengan sesama pengguna. Dengan memberikan like / love, komentar dan saling berbagi tautan.
Suatu upaya digital marketing harus memiliki tampilan yang menarik perhatian, supaya penonton mau melihat konten dari awal hingga akhir. Agar konten kita dapat dcari melalui search engine, tambahkan tagar / hashtag yang terkait dengan konten.
Hal yang perlu diperhatikan, jangan menampilkan foto l video dengan wajah penuh seseorang dari tampak depan, tanpa izin. Karena dapat menimbulkan dampak hukum, bila wajah yang ditampilkan merasa terganggu privasinya.
Digital marketing adalah upaya memasarkan produk / jasa secara digital. Manfaatkan internet untuk berpromosi, bahkan banyak orang yang melakukan hard selling.
Digital marketing, juga dapat dimanfaatkan di ranah politik. Kampanye caleg, pilkada bahkan pilpres banyak yang memanfastkannya, karena jangkauannya yang luas dan tidak nengenal waktu.