Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Purna tugas - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mengenal Simbol Imlek dan Maknanya

7 Februari 2024   10:00 Diperbarui: 8 Februari 2024   14:15 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tari naga ( sumber gambar: tribunnews.com)

Orang Tionghoa dalam kehidupannya banyak mengenal perlambang atau simbol, yang masing-masing memiliki makna tersendiri. Karena sifatnya tradisi, bagi yang tidak mengetahuinya, akan dimaklumi. Namun bagi yang percaya akan melaksanakannya secara lengkap, agar memperoleh kebahagiaan selama satu tahun ke depan.

Simbol dan Maknanya.

1. Barongsay

Pada menjelang Imlek hingga Cap Go Meh, di mall-mall banyak pertunjukan barongsay. Barongsay adalah satwa mitos serupa singa yang dimainkan oleh dua orang terlatih, satu memegang kepala dan satunya berada pada ekor. Keduanya harus bergerak secara  kompak. Tarian barongsay yang sulit menggunakan  tiang. Jadi penari barongsay berdiri dan menari diatas tiang. Resiko jatuh atau terpeleset dapat terjadi, bila kedua pemain ceroboh. Permainan barongsay biasanya diiringi tetabuhan yang hingar bingar dari dari pukulan tambur dan alat musik lainnya.

Singa adalah simbol kekuatan yang sanggup mengusir roh jahat.

2. Tarian Naga

Mall yang memiliki area cukup luas, kadang menambah dengan permainan naga, untuk menarik pengunjung. Tarian Naga dimainkan banyak orang tergantung panjangnya ukuran naga, pemain memegang tongkat yang dihubungkan ke tubuh naga, dari kepala hingga ekor. Seperti halnya barongsay, permainan naga juga membutuhkan konsentrasi dan kekompakan. Kalau barongsay lebih mudah, karena hanya memastikan kekompakan dua orang, sedangkan permainan naga bisa 8-10 orang. Tarian Naga bermakna memanggil dewa kebijaksanaan turun ke bumi saat tahun baru agar memberikan kebijakan sepanjang tahun.

3. Kue Keranjang

Disusun tinggi seperti piramid pada altar sembahyang. Bermakna mengharapkan hubungan antar anggota keluarga selalu manis dan akrab (lengket), serta berhasil mencapai cita-cita yang tinggi atau kesukaesan dalam hidup.

4. Ikan tim

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun