Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Hidup Berdamai dengan Penunggu Rumah

23 November 2021   14:47 Diperbarui: 23 November 2021   15:04 170 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Prnunggu (sumber: okezone.com)

Lazimnya orang akan ketakutan bila melihat hantu, dan sejenisnya. kecuali ketemu dengan Casper hantu yang lucu. Bahkan di berbagai  negara ada yang menyebut dirinya pengusir setan, seperti Ghost Buster, di dunia Bsrat. 

Di Tiongkok maupun di negeri kita sendiri. Yang sering disebut sebgai orang pinter.Pada umumnya orang memanggil pengusir setan bila berjumpa dengan setan yang jahil atau suka mengganggu, biasanya menampakkan wujudnya yang menyeramkan, menyrmbunyikan barang, menggerakkan barang, menimbulkan suara atau memindahksn orang.

Pada dasarnya di dalam rumah, di tempat-trmpat trrtentu, pohon besar, gedung tua, apalagi kuburan hampir dipastikan ada penunggunya. Sebagai mshlik hidup yang kasat mata, kita pasti akan hidup betdampingan dengan mshluk lain yang tidak kasat mata alias hantu atau setan..Hanya bedanya, ada yang baik dan ada yang usil atau senang mengganggu.

Sebagai seorang yang bukan indigo maupun memiliki indra ke enam, saya terbiasa untuk hifup berdamai dengan mshluk tidak kasat mata ini. Karena menyadari bahwa di setiap tempat pasti ada penunggunya, maka saya selalu permisi atau minta izin dulu setiap kali datang ke tempat baru. Misal hotel, rumah baru (kost atau konrakkan) karena penugasan oleh perusahaan. Pada dasarnya saat datang, saya selalu minta izin untuk tinggal dan minta jangan figanggu..Biarlah kita hidup di alam masing-masing.

Ternyata sikap berdamai dengan prnghuni alam mistis ini menuai hasil positif. Selama ini pornah dan tinggal di berbagai kota maupun ndgara tidak pernah diganggu oleh penunggu.

Anehnya, di beberapa tempat, saya mendengar carita-carita yang menyeramkan dari teman dekat msupun orang lain. Saat saya naaasih kuliah, di Salatiga, saya memang menempati rumah kost yang cukup tuup tua. 

Selama saya tinggal belum pernah ada kejadian aneh. Nsmun teman-teman kost yang lain selalu mengstakan pernah diganggu. Justru kejadiannya saat saya pulang ke rumah asal. Sehingga saya sering dianggap sebagai penakluk mahluk halus. Namun saya selalu membantahnya, karena saya memang tidak memiliki olmu khusus apapun.

Ssat saya ditugaskan di Cirebon, perusahaan mengkontrak satu rumah tinggal untuk dijadikan mess karyawan, bagi karyawan yang ditugaskan di Cirebon boleh tinggal di rumah itu. saya menempati kamar depan, dan ksmar tengah sengaja dikosongkan untuk kamar tamu. Selama saya tinggal tidak pernah ada gangguan mistis apapun. 

Namun teman ya.ng tinggal di ksmar tengah selalu melihat ada wanita betgaun putih berambut panjang yang duduk di lantai. Tidak mengganggu tapi menakutkan, karena setelah dieliti wujud itu hilang. Dan uniknya kejadian itu terjadi saat saya dipanggil ke kantor Pusat di Jakarta.

Demikian pula kantor dan mess karyawan di Surabaya dan Balikpapan. Banyak cerita menyeramkan dari karyawan yang pernah tinggal. Ada yang saat tidur dipindahkan  ke kamar lain atau pintu yang terbuka sendiri. Namun saat saya ditugaskan di dua kota itu tidak ada gangguan sedikitpun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan