Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Penantian Berumrah Selesai Sudah

25 Oktober 2021   15:41 Diperbarui: 25 Oktober 2021   15:42 32 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sejak pandemi melanda dunia, Pemerintah Arab Saudi menutup Mekkah dan Medinah  untuk ibadah haji dan umrah bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Keresahan melanda umat muslim yang sudah memiliki niat untik menunaikan ibadahnya.

Kabar gembira ini datang, setelah ada pernyaraan langsung dari Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang  mengumumkan dibukanya kembali umrah untuk para jemaah asal Indonesia ke Arab Saudi. Namun ada tambahan catatan bahwa ada ketentuan tambahan  bagi jamaah umrah, khususnya menyangkut mereka yang dinilai tidak memenuhi standar kesehatan.

Pada nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi yang diterima oleh  Kemenlu RI di Jakarta pada tanggal 8 Oktober 2021 menyebutkan bahwa diperlukan masa karantina selama 5 hari bagi para jemaah umrah yang dinilai tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan, 

Dengan diterimanya nota diplomatik ini, Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi akan segera memfasilitasi masuknya jamaah umrah. Berita ini tentunya merupakan jawaban positif dari pertemuan Menteri Agama RI saat bertemu dengan Dubes Arab Saudi, yang menyampaikan bahwa umat muslim Indonesia sudah sangat rindu menunaikan ibadah Haji dan Umrah.

Teknis pelaksanaan akan disiapkan secepatnya oleh tiga Kementerian terkait, yakni Kemenlu Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan serta dengan otoritas terkait di kerajaan Arab Saudi.

Berita yang disampaikan oleh Menlu RI ini tentu disambut gembira oleh banyak kalangan, khususnya mereka yang telah berniat menunaikan Umrah. Salah satunya afalah keluarga artist Indonesia, Sultan Djorghi.

Umrah adalah kegiatan ibadah agama Islam dengan melakukan beberapa ritual dikota suci Mekkah, khususnya Masjidil Haram. Siti Annisa Trihapsari, isteri Sultan Djorghi pada kesempatan mengisi acara webinar pada Koteka  Talk mengungkapkan bahwa keluarganya mempunyai niat pergi umrah tiap tahun.

Keluarga Sultan Djorghi terakhir menunaikan ibadah umrah pada tahun 2019, dan gagal umrah pada tahun 2020, gara-gara Covid-19 dan berniat secepatnya dapat melaksanakan niatnya.

Padahal tahun 2020 sebenarnya keluarga Sultan Djorghi berniat berwisata religi  dengan mobil untuk melihat sejarah Islam di pulau Jawa yang akan menjadi konten Youtube syiar Islam yang diupdate tiap 3 hari dan podcast mengenai kehidupan keluarganya.

 

Anissa menyarankan bagi keluarga yang ingin umrah dapat mencari travel haji yang diakui Kemenag, hati-hati dengan travel murah yang ternyata abal-abal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan