Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Kochikochikin, Kuliner Jepang Pas di Kantong

17 Agustus 2021   08:46 Diperbarui: 17 Agustus 2021   10:56 165 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kochikochikin (sumber: pikiran-rakyat.com)

Tahun ini, 2021, pandemi Covid-19 masih mendera dunia, termasuk Indonesia. Bulan Agustus adalah bulan sakral bagi bangsa Indonesia yang selalu dirayakan dengan penuh kegembiraan, karena sejak 17 Agustus 1945 Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya. Nah, karena tahun ini masih pandemi, komunitas Ketapels, sebuah komunitas yang menghimpun para Kompasianer yang berdomisili di kota Tangerang Selatan dan sekitarnya terpaksa mengadakan perayaan pitulasan di rumah saja. Ketapels menantang warganya untuk menuliskan review kuliner dari sebuah UMKM Kuliner dengan nama Kochikochikin.

Karena masih suasana pandemi dan diberlakukannya PPKM, maka saya tidak bisa dine in di Kochikochikin. Melainkan kuliner harus dipesan untuk di ambil dan disantap di rumah atau di kirim melalui jasa pengantaran Go Food / Grab Food. Bahkan wawancara dengan Rizky, pemilik Kochikochikin harus dilakukan secara virtual melalui WA.

Kochikochikin

Gerai Kochikochikin masih baru di belantara bisnis kuliner, baru saja dibuka sejak Juli 2021 dengan memanfaatkan rumah orang tua di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan. Rizky yang pernah tinggal di Jepang yang tentunya sangat paham meracik kuliner Jepang terbersit ide untuk memadukan kuliner dengan cita rasa Jepang dengan cita rasa Indonesia agar pas di lidah orang Indonesia.

Setelah produk ditentukan, Rizky dan isterinya memikirkan mereknya agar mudah dikenali. Rizky yang pernah tinggal di kota Omiya,  memilih nama, Kochikochikin, yang artinya adalah “disini tersedia ayam”, yaitu ayam goreng karaage ala jepang. 

Menu andalan Kochikochikin adalah Karai Chikin Karaage, yang memadukan ayam goreng karaage khas jepang dengan sambal cita rasa indonesia. Bagi yang menyukai sambal yang lebih nendang disediakan sambal super pedas. Setelah Product dan Place, Rizky mulai menyiapkan Price. Kuliner ini mau dijual dengan harga berapa. Agar pas di kantong pada era pandemi maka harga dipatok pada 22.000 Rupiah. Cukup pas di kantong untuk harga sebuah kuliner Jepang

Target yang disasar Kochikochikin adalah anak muda, keluarga muda, dan anak kecil karena anak-anak lebih suka dengan menu teriyaki chikin karaage karena manis gurih. Juga orang dewasa yang penasaran dengan cita rasa jepang, seperti karyawan kantor dan keluarga di komplek-komplek sekitar Ciputat dan tentunya  mahasiswa UIN.

Karena masih era pandemi, Kochikochikin sementara hanya melayani pesan antar (delivery) dan take away saja. Kochikochikin buka tiap hari dari jam 10.00 hingga 21.00, khusus PPKM hanya sampai jam 20.00. "Karyawan kami selalu menggunakan masker dan sarung tangan, selalu tersedia hand sanitizer untuk pembeli dan penjual, sebisanya kami mengikuti protokol kesehatan yang diberlakukan," jawab Rizky saat ditanya layanan yang diterapkan selama era pandemi.

Untuk sektor promosi, Kochikochikin juga pernah memberikan minuman gratis atau potongan harga pesan antar 10.000 Rupiah. Lalu untuk merangkul penggemar daging sapi, juga ditambahkan menu Karai Bifu Yakiniku berupa nasi dan daging sapi slice ala Jepang dengan saus rasa pedas orisinil maupun super pedas. Cita rasa teriyaki juga tersedia untuk daging sapi, dengan nama Teriyaki Bifu Mayo, semuanya hanya dibanderol 28.000 Rupiah. 

Mau tambah topping? Juga tersedia telur mata sapi, sambal pedas, sambal super pedas, keripik pangsit, dan mayonnaise dengan menambah hanya 1.500-3.000 Rupiah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan