Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Lomba Tujuh Belasan Virtual di Rumah

14 Agustus 2021   12:04 Diperbarui: 15 Agustus 2021   11:46 198 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lomba Tujuh Belasan Virtual di Rumah
Tujuh belasan (sumber: traveloka.com)

Biasanya bila tidak ada pandemi, beberapa hari menjelang tanggal 17 Agustus, lazim dipenuhi dengan acara lomba baik di tingkat RT hingga provinsi. Tahun ini seperti halnya tahun lalu dunia masih terbelit pandemi. Tentunya lomba-lomba dalam rangka perayaan 17an tidak dapat diselenggarakan karena akan menimbulkan kerumunan dan hal ini menyalahi prokes.

Tapi perayaan hari kemerdekaan ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Lomba-lomba masih dapat diadakan secara virtual untuk skala komunitas atau RT. Orang tua juga dapat mengadakan lomba untuk anak-anaknya di rumah. Yang penting tetap meriah, tidak menimbulkan kerumunan hingga taat prokes dan suasana 17an tetap meriah.

Salah satu komunitas di Kompasiana yang sudah menyelenggarakan lomba 17an atau pitulasan adalah Ketapels dengan mengadakan tantangan membuat pantun. Pemenangnya diganjar paket kuliner dari Nasi Kebuli Beeyah Corner. Juga ada review kukiner Kochikochikin.

Bagi Anda yang ingin mengadakan lomba virtual antar RT, ada beberapa ide. Laman yang digunakan tergantung yang banyak dimiliki oleh warga, bisa Youtube,  Zoom, Google Meet, Kahoot atau lainnya.

1.: Tebak Nama Pahlawan 

Lomba 17an ini bisa dilakukan dengan menggunakan Kahoot. Panitia tinggal membuat pertanyaan, siapa yang menjawab dengan cepat dan tepat, otomatis akan mendapat nilai tertinggi.dan menjadi pemenang.

2. Lomba menghias kue 

Ibu-ibu dan remaja puteri dapat menghias kue di rumahnya masing-masing, lalu hasilnya dipamerkan melalui fasilitas rapat virtual sehingga dapat dinilai oleh dewan juri

3. Lomba menggambar bagi anak-anak

Anak-anak dapat membuat gambar di rumahnya masing-masing lalu hasilnya dipamerkan melalui fasilitas rapat virtual agar dapat dinilai oleh dewan juri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan