Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Mengamati Suksesnya Paket BTS Meal

9 Juni 2021   18:56 Diperbarui: 9 Juni 2021   19:03 140 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengamati Suksesnya Paket BTS Meal
BTS Meal (sumber: kompas.com)

Apa sih istimewanya paket 'BTS Meal' yang hari ini diluncurkan oleh McDonalds Indonesia? Sebenarnya paket 'BTS Meal' ini sudah diluncurkan bulan lalu di gerai-gerai  McDonalds di negara lain. 

Mungkin guna menghornsti bulan Ramadan, maka peluncuran paket 'BTS Meal' ini ditunda satu bulan dan justru sukses besar. Dampaknya, demi keamanan para pengemudi ojol (ojek online), maka beberapa gerai McDonalds terpaksa ditutup.

Peluncuran paket ini memang sudah mengantisipasi lonjakan peminat, mungkin belajar dari suksesnya di negara lain. paket 'BTS Meal' tidak menjual pembelian 'dine in' dan khusus melayani 'drive through' baik melalui Mc Delivery atau GoFood, GrabFood dan ShopeeFood. 

Juga jam penjualan dibatasi mulai jam 11.00 hingga jam 17.00 saja, namun yang terjadi justru kerumunan pengemudi ojol yang antre membeli karena menerima pesanan pembelian dari para ARMY (sebutan bagi fans BTS).

Siapa BTS? BTS atau BangTan Sonyeondan adalah boyband asal Korea Selatan yang lagu-lagunya selalu hit dikalangan kaum muda. Memang kejelian manajemen McDonalds menggandeng BTS sebagai brand ambassador patut diacungi jempol. 

Pemusik pria muda asal Korea Selatan  ini memang sedang digandrungi para kaum muda, maka makanan kegemaran merekapun ikut diminati kaum muda. 

Paket 'BTS Meal' yang sedang diburu kaum muda di Indonesia ini sebenarnya biasa-biasa saja, hanya produk lama yang dipoles kemasan baru. Kalau semula McDonalds menggunakan kemasan warna merah untuk menyajikan paket chicken McNugget, maka pada paket 'BTS Meal' menggunakan kemasan warna ungu, warna favorite personal BTS.  Jadi isi dari paket 'BTS Meal' hanya 9 keeping chicken McNugget, french fries, coke dan dua saus, saus cajun dan sambal.

Mungkin manajemen McDonalds Indonesia tidak menduga lonjakan order, sehingga mereka tidak menyiapkan paket dalam jumlah banyak, sehingga mampu mencegah antrean panjang  yang terjadi. Karena McDonals Indonesia sudah berpengalaman menghadapi lonjakan order seperti saat menyelenggarakan National Breakfast Day dan lancar-lancar saja.

Kalau melihat paketnya yang biasa-biasa saja seharusnya terjadinya kenaikan omzet ini sangat mengejutkan. Jauh bila dibandingkan saat McDonalds Indonesia meluncurkan paket McGeprek yang khas nusantara. Efek BTS benar-benar sangat mempengaruhi citra para ARMY untuk mencicipi paket baru yang diasosiasikan dengan BTS.

Inilah sebuah konsep pemasaran yang perlu dipahami oleh para pemasar Indonesia, sebuah brand association ternyata mampu mendongkrak produk lama yang biasa-biasa saja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN