Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Gaya Hidup Sehat dengan Kojima

4 Mei 2021   03:35 Diperbarui: 4 Mei 2021   03:34 413 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gaya Hidup Sehat dengan Kojima
Gaya hidup sehat (sumber: nusabali.com)

Kini, beberapa orang mulai merubah gaya hidupnya. Dari yang semula pemakan segala kini mulai membatasi makan makanan tertentu. Dengan memperhatikan bobot asupan nutrisi agar tidak menimbulkan obesitas atau berat badan berlebih. Apalagi sekarang sedang masa pandemi, orang dipacu untuk meningkatkan sistem imunitas di tubuhnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan imunitas dan meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan menambahkan madu sebagai asupan tambahan.

Kojima

Apakah semua madu dapst dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan imunitas? Tentu tidak. Anda harus memilih madu yang memiliki kandungan yang tepat. Seorang teman telah memberi informasi pada saya untuk memilih Kojima.

Mendengar nama ini, saya yang penggemar olahraga bulu tangkis, langsung teringat psda pemain bulu tangkis asal Jepang, Ippei Kojima. Lalu apakah Kojima buatan Jepang? Ternyata bukan, karena Kojima yang satu ini adalah singkatan dari Korma, Jintan hitam dan Madu. Lalu apa keistimewaan dari Kojima yang disebutkan madu dengan 3 kebaikan yaitu Korma, Jintan hitam (Habbatussauda) dan Madu? Sebagai madu yang lengkap, Kojima memang mengandung 3 bahan utama yakni Korma, Jintan hitam dan Madu.

Marilah kita bahas  masing-masing bahan utama yang terkandung pada Kojima. Pertama, kita bahas Korma. Korma adalah buah, jadi tergolong nabati. Korma mengandung senyawa fenolik dan karotenoid yang mendukung sistem kekebalan tubuh berkat efek anti mikroba dan sifat anti oksidannya yang berakibat meningkatkan imunitas tubuh.
Korma juga diketahui mengandung vitamin B1, B2 dan nuisin (B3) serta B6 sehingga membantu kebutuhan vitamin B harian pada manusia. Tubuh akan mendapat enerji dari nutrisi ini.

Kedua, Jintan hitam (Habbatussauda) yang memiliki kandungan thymoquinone memiliki efek anti kanker. Jintan hitam juga menyebabkan tubuh mampu melawan infeksi karena memiliki sifat anti bakteri dan anti virus. Sehingga mampu  membasmi virus hepatitis C, HIV dan flu. Memang belum ada penelitian mengenai virus Covid-19, siapa tahu jintan hitam juga mampu membasminya. Tinggal dibutuhkan waktu untuk menguji dan membuktikannya. Jintan hitam juga terbukti menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.

Ketiga, Madu yang selama ini dikenal bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan menurunkan trigliserida. Semua informasi di atas berdasarkan
hasil pengukuran yang pernah dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Perpaduan ketiga bahan utama tersebut diatas, diyakini meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan virus agar tidak mudah sakit dan menambah nutrisi secara alami. Jadi pada musim pandemi dimana manusia harus senantiasa meningkatkan kesehatan, dan makan makanan bergizi, banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan serta olahraga, sangat tepat bila menambahkan Kojima sebagai sarana untuk mematuhi gaya hidup sehat. Apalagi di bulan Ramadan, bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, sangat tepat bila menambahkan konsumsi Kojima pada saat berbuka puasa dan makan sahur, agar selama sehari tubuh tetap bugar meski sedang menjalankan ibadah puasa.

Kojima (sumber: kumparan.com)
Kojima (sumber: kumparan.com)

Kojima dipasarkan dalam ukuran 170 dan 280 ml (botol) atau stick pack 5 atau 10 pcs. Anda dapat berkreasi pada menu sehat Anda dengan mencampurkan Kojima yang mempunyai rasa manis dan segar pada makanan atau minuman. Namun Anda juga dapat meminumnya langsung dengan sendok atau dengan menekan stick pack langsung ke mulut Anda. Kojima dapat dikonsumsi mulai  dari anak-anak dengan umur 2 tahun keatas hingga orang dewasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x