Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ajarkan Akidah, Ibadah dan Ahlak

2 Mei 2021   05:27 Diperbarui: 2 Mei 2021   05:40 329 7 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ajarkan Akidah, Ibadah dan Ahlak
Mengajar anak ibadah (sumber: id.theasianparent.com)

Sebagai orangtua, kita memiliki tanggung jawab untuk mendidik anak-anak kita. Bila untuk mendidik pelajaran di sekolah, kita dapat berdalih itu kewajiban guru di sekolah. Nah, sekarang masa pandemi, orangtua harus Work From Home dan anak-anak harus belajar secara virtual dengan sistem PJJ (Pelajaran Jarak Jauh). Orang tua tidak bisa mengelak.lagi, bila anak-anak merasa penjelasan dari guru sekolah via PJJ belum jelas, anak-anak pasti akan bertanya pada orang tua.

Nah, bagaimana dengan pelajaran agama? Tentu kita sebagai orang tua tidak bisa sekedar mempercayakan pendidikan agama pada guru agama di sekolah maupun memanggil ustads (bila Anda seorang muslim). Orangtua tetap memiliki tanggung jawab utama untuk mengajarkan pendidikan agama kepada anak-anak. Bagaimana dan kapan harus memberikan pendidikan agama kepada anak-anak? Padahal sebagai orangtua, kita sering menyadari belum sempurna pendalaman ilmu agamanya. Namun apapun alasannya, orangtua wajib mengajarkan pendidikan agama pada anak-anaknya daripada anak-anak mendapat pendidikan agama yang salah dari lingkungannya.

Orangtua seburuk-buruknya pemahaman agamanya harus mampu mengajarkan pada anak-anaknya untuk ditiru. Orangtua harus memiliki ahlak yang baik karena pasti ditiru oleh anak-anaknya. Pendidikan agama yang diberikan sebaiknya meliputi akidah, ibadah dan ahlak.

Waktu yang paling tepat untuk memberikan pendidikan agama kepada anak-anak adalah saat pikiran anak-anak masih bersih dan belum terkontaminasi pengaruh dari siapapun, lazimnya pada rentang usia 4-10 tahun.

Akidah adalah kepercayaan atau keyakinan kepada Allah. Orangtua wajib memberitahu tentang kebaikan dan kebesaran Allah. Menunjukkan bahwa alam dan seisinya adalah ciptaan Allah. Manusia harus taat pada perintah Allah. Dan bila telah melakukan kesalahan atau dosa, harus berani mengakui kesalahan di depan Allah lalu mohon ampunan dan bertobat. Akidah Islam berdasarkan hzdits yang memuat hukum Islam, rukun Islam, rukun iman, ihsan dan peristiwa hari akhir.

Ibadah adalah pemahaman mengenai perbuatan atau pernyataan bakti kepada Allah sesuai ajaran agama. Orang tua wajib memberikan ruang kepada anak-anaknya untuk beribadah. Memberitahukan pentingnya ibadah, salah satunya memberikan contoh konkret dengan mengajak sholat berjamaah. Mengajarkan sholat lima waktu, cara berwudhu dan cara sholat yang benar. Ajak anak-anak ke masjid agar anak-anak mengenal tempat ibadahnya dengan baik.

Ahlak adalah perbuatan dan sifat baik menurut ajaran Islam. Orangtua wajib memberikan contoh perbuatan dan tingkah laku yang baik. Misal selalu ingat bersedekah, senang menolong, menghargai setiap mahluk dan lain-lain.

Agar pendidikan agama yang diberikan  kepada anak-anak tidak terlupakan oleh kesibukan pekerjaan Anda,  buatlah jadwal agar anak-anak selalu mau beribadah. Khususnya pada bulan Ramadan, adalah saat yang tepat untuk mengajarkan kepada anak-anak tentang arti dan  pentingnya puasa, tadarus, tarawih dan berzakat.

Menjadi orangtua harus menjadi teladan bagi anak-anaknya. Itulah sebabnya orangtua wajib memahami dan mendalami agama, agar anak-anak jangan salah arah dalam kehidupannya kelak. Bekal pendidikan agama jauh lebih berharga daripada warisan harta duniawi.

VIDEO PILIHAN